3 Fakta Menarik Menara Pisa

0
74

Jakarta – Suara Ekonomi

Italia merupakan salah satu negara favorit para wisatawan dari berbagai mancanegara. Terdapat banyak hal yang menjadi ciri khas negara ini, mulai dari kuliner hingga arsitekturnya. Salah satu bangunan ikonik Italia, yaitu Menara Pisa yang bangunannya sedikit berbeda dari konstruksi lainnya.

Menara Pisa adalah sebuah campanile atau menara lonceng katedral yang berada di Pisa, Italia. Bangunan sudah berdiri selama ratusan tahun, dan merupakan salah satu dari keajaiban dunia. Yang menyebabkan Menara Pisa menjadi miring, yaitu dikarenakan tanah di bawah bangunan tersebut tidak stabil. Sehingga Menara tersebut tidak dapat berdiri tegak, seperti bangunan pada umumnya. Sejak menara ini mengalami kemiringan sampai detik ini, Menara Pisa tetap kokoh berdiri.

Namun, selain kondisinya yang miring, ternyata masih banyak lagi fakta-fakta menarik lainnya. Tentu ada sejarah panjang dibalik berdiri dan miringnya menara satu ini. 

Berikut beberapa fakta-fakta menarik mengenai Menara Pisa :

1. Menara Lonceng

Pemandangan Menara Pisa. (Sumber :bobo.grid.id)
 

Dengan gaya arsitektur Romanesque, menara ini terbuat dari marmer putih yang memiliki berat 4.500 ton. Serta memiliki 297 anak tangga di dalam bangunan untuk mencapai puncaknya. Pengunjung tak hanya bisa menikmati keindahan Menara Pisa dari kejauhan saja. Melainkan mereka juga bisa naik hingga ke bagian atas menara, yang terdapat lonceng di dalamnya. 

Tentunya para wisatawan harus mengantri untuk bisa mencapai puncaknya. Tetapi jangan khawatir, karena pengunjung bisa memesan melalui online dengan harga yang lebih tinggi. Di puncak menara selain bisa melihat lonceng, pengunjung tentunya bisa menikmati keindahan kota dan laut Tyyrenia dari ketinggian.

2. Mulai Miring Perlahan-lahan ke Berbagai Arah

Salah satu sisi yang terlihat miring
(Sumber : kumparan.com)

Miringnya Menara Pisa tidak direncanakan, melainkan miring perlahan-lahan karena dibangun di atas tanah yang tidak stabil. Saat itu, Arsitek Menara Pisa Bonanno Pisano tidak memperhitungkan berat menara tersebut. Sehingga,memungkinkan tidak dapat ditopang oleh tanah yang berada di bawahnya. Dan ketika lantai kedua Menara Pisa selesai, bangunan tersebut mulai miring ke satu arah.

Namun, saat itu sudah telat untuk mengulang kembali pembangunan menara tersebut. Kemudian para pekerja malah menambah berat di sisi menara yang lain, dengan tujuan agar bisa tegak kembali. Lalu apakah cara tersebut berhasil? Tidak, Menara Pisa malah miring ke arah lainnya. Tidak sampai di situ, Menara Pisa diduga hanya stabil sampai 200 tahun ke depan. Dan di abad ke 23, menara ini diprediksi akan semakin miring.

3. Dibangun dalam Waktu yang Lama dan Bertahap

Meskipun tidak terlalu tinggi, ternyata butuh waktu lebih dari dua abad untuk membangun Menara Pisa. Awalnya, dibangun untuk menjadi menara lonceng Katedral Pisa dan Pisa Baptistery. Menara ini bertempat di satu kompleks, serta pembangunan tersebut diumumkan pada 1173.

Lima tahun kemudian, para pekerja berhasil membangun sampai dengan lantai tiga. Namun, pembangunan terhenti karena konflik militer dan baru dilanjutkan kembali pada 1272. Setelah 12 tahun dikerjakan, pembangunan harus terhenti lagi karena adanya perang. Di awal abad 14, konstruksi dilanjutkan kembali dan akhirnya ruang lonceng di puncak menara berhasil diselesaikan pada 1372.

Itulah fakta-fakta menarik mengenai Menara Pisa yang membuat orang tertarik dan penasaran untuk mendatanginya. Semoga bermanfaat!.

Reporter : Grace Yohana

Editor : Jioti Nurhaliza

BAGIKAN
Berita sebelumyaKebijakan Nadiem Makarim Bertajuk Kampus Merdeka
Berita berikutnyaHaruskah WNI Eks ISIS Diterima Kembali di Indonesia?
LPMSE atau Lembaga Pers Mahasiswa Suara Ekonomi merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang lahir sejak 1986 di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Pancasila Jakarta. Produk LPMSE : Majalah, Buletin, Koran, Tabloid, Lembar Pemberitahuan, Mading, MyCampus, dan lainnya dan kini Majalah Online di www.suaraekonomi.com

LEAVE A REPLY