5 FAKTA UNIK MENGENAI SOEKARNO

0
146

Jakarta – Suara Ekonomi

Tepat 118 tahun silam, lahir seorang tokoh yang dikenal sebagai salah satu Founding Fathers bangsa Indonesia. Ia adalah Soekarno atau akrab dipanggil dengan nama Bung Karno. Beliau bersama Moh. Hatta, Sutan Syahrir serta tokoh lainnya gigih berjuang dalam mewujudkan mimpi bangsa untuk merdeka.

Walaupun Soekarno telah tiada, tetapi masih banyak masyarakat khususnya generasi muda yang mengidolakan beliau sebagai sosok pemimpin dan tokoh proklamator. Banyak kisah yang telah ia lalui. Tetapi dari kisah tersebut, terdapat cerita unik yang di dalamnya. Yuk intip cerita unik apa saja mengenai Soekarno yang mungkin kalian belum ketahui.

1. Koesno Sosrodiharjo

Soekarno kecil. (sumber: yukepo.com)

Soekarno terlahir dengan nama Koesno Sosrodiharjo. Sampai usianya menginjak 11 tahun, nama tersebut diganti. Hal ini dilakukan karena Soekarno kecil sering sakit-sakitan sehingga orang tua dari Soekarno mengganti nama kecilnya menjadi Soekarno yang memiliki makna yang unik juga. “Soe” artinya orang baik sedangkan Karno diambil dari nama tokoh perwayangan “Karna”.

2. Pernah Mengerjai Tentara Belanda

Soekarno mengendarai sepeda sambil membonceng Fatmawati. (sumber: pedomanbengkulu.com)

Pada masa penjajahan, aktivitas Soekarno sangat dijaga ketat oleh tentara Belanda. Suatu hari saat sedang mengendarai sepeda, Soekarno diikuti oleh seorang tentara Belanda. Terlintas ide di pikiran Bung Karno ketika itu untuk mengerjai tentara tersebut. Ia meninggalkan sepedanya di luar pematang sawah yang begitu sempit lalu masuk ke dalam pematang sawah itu. Melihat hal itu tentara Belanda tersebut terpaksa menggotong sepeda Soekarno dan mengikuti ke mana Soekarno pergi. Tentara tersebut berkali-kali terjatuh di pematang sawah karena membawa beban yang berat.

3. Sate Ayam 50 Tusuk

Tukang sate dan Soekarno. (sumber: rosodaras.wordpress.com)

Sehari setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, diadakanlah sidang pertama PPKI. Salah satu hasilnya adalah menetapkan Soekarno sebagai presiden dan Moh. Hatta sebagai wakil presiden. Tahukah kalian kegiatan apa yang ia lakukan setelah itu?
Kegiatan yang ia lakukan adalah membeli sate ayam 50 tusuk. Jadi ceritanya ketika dalam perjalanan pulang setelah sidang PPKI, Soekarno berjalan kaki pulang ke rumahnya. Dalam perjalanan, ia menjumpai seorang tukang sate ayam. Langsung saja beliau memesan 50 tusuk sate ayam untuk ia lahap. Dan karena tidak ada tempat duduk di sekitarnya, ia melahap sate ayam tersebut dengan jongkok di pinggir saluran air.

4. Cover Majalah TIME

Soekarno menjadi cover dalam 2 edisi majalah TIME.

Beberapa tahun lalu Indonesia boleh berbangga karena Presiden Jokowi menjadi cover di majalah terkenal, TIME. Tapi tahukah kalian jika Soekarno pernah 2 kali menjadi cover di majalah TIME?
Soekarno menjadi cover di majalah TIME pada dua edisi yaitu Desember 1946 dan Maret 1958. Pada terbitan pertama beliau mendapat julukan “Putra Sang Fajar” karena ia merupakan orator yang ulung yang dapat mempengaruhi pendengarnya.

5. Terkenal Sampai Mancanegara

Jalan yang bernamakan Soekarno di Maroko. (sumber: dream.co.id)

Di negara barat dan timur tengah, Soekarno dikenal dengan nama Ahmed Soekarno. Seperti di Mesir, terdapat jalan yang bernama Ahmed Soekarno. Lalu di negara lain seperti Maroko dan Pakistan terdapat juga jalan yang bernama Soekarno. Tidak hanya jalan, nama Soekarno juga dijadikan sebagai nama bangunan. Di Kota St. Petersburg, Rusia tepatnya, nama Soekarno diabadikan sebagai nama masjid.

Reporter: Lisa Amirah M

Editor: Arif Himawan

BAGIKAN
Berita sebelumyaMengenal Teknologi Mesin Hybrid Yang Ramah Lingkungan
Berita berikutnyaOlahraga Ringan Yang Menstabilkan Berat Badan
LPMSE atau Lembaga Pers Mahasiswa Suara Ekonomi merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang lahir sejak 1986 di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Pancasila Jakarta. Produk LPMSE : Majalah, Buletin, Koran, Tabloid, Lembar Pemberitahuan, Mading, MyCampus, dan lainnya dan kini Majalah Online di www.suaraekonomi.com

LEAVE A REPLY