Jakarta – Suara Ekonomi

Agen perjalanan asal Inggris, Lastminute melakukan penelitian atau riset bertajuk Most Chilled Out Countries in The World. Dapat dikatakan penelitian itu meneliti tentang negara tersantai di belahan penjuru dunia. Penelitian tersebut menobatkan bahwa Indonesia masuk sebagai negara tersantai nomor satu di dunia.

Lastminute mengatakan, bahwa penelitian yang mereka lakukan didasarkan pada berbagai faktor dan aspek. Adapun aspek tersebut, yaitu budaya, lingkungan, hak asasi manusia dan juga keanekaragaman hayati. Serta, berbagai kawasan yang memiliki sifat rekreasi untuk mengisi waktu liburan. “Analisis kami terhadap negara-negara paling santai di dunia mengungkapkan, bahwa Indonesia berada pada peringkat pertama sebagai negara yang paling santai dari semua negara lain,” ungkap Reigo Eljas selaku Country Director lastminute.com untuk Inggris dan Irlandia yang dikutip dari laman lombokita.com.

Indonesia Ditetapkan Sebagai Negara Tersantai di Dunia. ( Sumber: Hotels.com )

Seperti diketahui, bahwa konteks “santai” di sini bukan berarti konotasi yang buruk. Karena itu, kata “santai” ini memiliki arti, yakni cocok untuk dijadikan tempat destinasi liburan atau relaksasi. Dinobatkannya Indonesia sebagai negara tersantai di dunia dikarenakan memiliki laut dan pantai yang indah. Tak bisa dipungkiri bahwa laut dan pantai yang dimiliki Indonesia telah diakui oleh dunia. Hal tersebut lantaran memiliki banyak zen yang sangat alami.

Melalui riset ini, ditentukan bahwa Indonesia memiliki garis pantai yang sangat luas setidaknya 5 ribu mil. Lalu, dapat disimpulkan bahwa tidak akan ada daratan yang jauh dari pantai dan lautan. Di mana memiliki suhu rata-rata mencapai 25 derajat Celcius. Karena itu, cocok dijadikan tempat destinasi wisata bagi wisatawan asing untuk menikmati hangatnya sinar matahari. Kesempurnaan destinasi Indonesia sebagai negara paling santai di dunia juga ditunjang oleh beragam fasilitas lainnya. Hal itu untuk memanjakan para wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

Dari penelitian tersebut, terdapat beberapa negara besar yang juga masuk ke dalam lima negara tersantai. Serta, dapat digunakan sebagai tempat yang paling nyaman untuk berlibur dan bersantai selain Indonesia. Beberapa negara tersebut meliputi:

Australia

Australia Negara Tersantai ke Dua di Dunia. ( Sumber: Travel Kompas )

Australia menempati urutan kedua sebagai negara dengan tempat wisata yang tepat untuk bersantai. Negara ini memiliki jumlah hari yang sama dengan Indonesia, yaitu 30 hari. Australia juga memiliki garis pantai yang sangat panjang, yakni 40.000 km. Serta, ruang hijau yang terdiri dari 187 area dan dibagi menjadi beberapa daerah.

Islandia

Islandia Dinobatkan Sebagai Negara Santai ke Tiga di Dunia. ( Sumber: kompas.com )

Islandia yang menempati urutan ketiga adalah negara di mana pemerintahnya sangat menjamin keaman para wisatawan. Serta, mampu memberikan para wisatawan pelayanan yang maksimal. Negara di Eropa Utara ini memiliki suhu udara yang dapat mencapai sekitar 17,5 derajat. Negara yang biasa disebut Land of Fire Ice ini merupakan kawasan terbaik untuk menikmati cahaya matahari di utara.

Selandia Baru (New Zealand)

New Zealand Ditetapkan Sebagai Negara Tersantai ke Empat di Dunia. ( Sumber: SUN Education )

New Zealand atau Selandia Baru merupakan negara yang letaknya bertetangga dengan Australia. Negara ini memiliki 253 ruang hijau dan lebih dari 15 ribu mil garis pantai. Selandia Baru juga memiliki suhu rata-rata 27 derajat Celcius dengan hujan lebat yang menutupi bentang alam. Serta, merupakan negara dengan jumlah hari libur tertinggi, yaitu 40 hari.

Selain itu, kelebihan dari negara ini adalah destinasi wisatanya yang sangat bervariasi. Untuk peselancar dan wisatawan obyek wisata laut di negara ini wajib dikunjungi. Hal tersebut dikarenakan New Zealand menawarkan destinasi terbaik yang harus dikunjungi. Tak salah bila Lastminute mencatatkan Selandia Baru (New Zealand) sebagai negara tersantai di posisi keempat.

Sri Lanka

Sri Lanka Ditetapkan Sebagai Negara Tersantai ke Lima di Dunia. ( Sumber: Tribun Travel )

Negara Sri Lanka merupakan salah satu negara berkembang di Asia dengan karakteristik iklim hangat. Hal tersebut banyak dicari oleh wisatawan asing karena keindahan tropisnya. Sebab itu, menjadikan Sri Lanka sebagai negara tersantai paling populer pada urutan kelima.

Itu lah peringkat lima besar negara paling santai di dunia, berdasarkan hasil penelitian Lastminute. Siapa sangka dengan keindahan alam serta destinasi wisata yang beragam menjadikan Indonesia masuk sebagai peringkat satu. Tak heran jika Indonesia menjadi salah satu tempat tujuan wisata paling popular untuk dikunjungi. Serta, banyak dicari oleh para wisatawan dari berbagai mancanegara.

Reporter: Ahnaf Musyaffa

Editor: Arieza Rizki Sapdayarga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here