5 Pulau Eksotis di Kepulauan Seribu

0
497
google image

 

Kepulauan Seribu sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Kepulauan Seribu memiliki tempat wisata yang menakjubkan. Cocok sekali untuk kalian yang menyukai dunia traveling. Sesuai dengan namanya, Kepulauan Seribu memiliki banyak pulau yang menarik. Disini kami akan memperkenalkan 5 pulau indah di Kepulauan Seribu.

 

  1. PULAU BIRA

Pulau Bira adalah salah satu pulau yang sangat cantik. Karena tempatnya masih bersih dari pencemaran. Pulau Bira dikelilingi oleh spot-spot snorkling dan keadaan laut yang bagus. Sangat cocok untuk kalian suka snorkling dan diving.

Pulau Bira memiliki panorama bagian bawah laut yang sungguh menarik. Pulau ini memiliki keadaan laut yang bersih dan bening. Sehingga kita dapat melihat flora, fauna serta terumbu karang dengan mata telanjang.

Selain menikmati panorama bagian bawah laut, Pulau Bira juga memiliki garis pasir pantai yang putih dan biru dengan seluas sekitar 35 hektar.  Disekitar pulau ini terdapat lumba-lumba berenang disekitar pulau.

pulau bira
pulau bira
  1. PULAU PARI

Pulau ini diberi nama Pulau Pari karena jika dilihat dari atas bentuknya seperti Ikan Pari. Pulau Pari dikelilingin oleh 5 pulau, yaitu Pulau Burung Indah, Pulau Gudus, Pulau Kongsi, Pulau Tikus, dan Pulau Tengah. Pulau-pulau tersebut membuat sebuah gugusan lagoon dengan keindahan pemandangan yang mengagumkan.

Pulau Pari memiliki luas 43 hektar. Dengan 3 pantai yang terkenal, yaitu Pasir Pantai Perawan, Dermaga Bukit Matahari dan Pantai Pasir Kresek. Karena keeksotisannya, banyak yang mengatakan Pulau Pari adalah “Bali-nya” Jakarta. Pulau ini juga menjadi salah satu tempat penelitian karena terdapat laboratorium LIPI.

pulau pari
pulau pari
  1. PULAU H

Salah satu pulau yang menarik di Kepulauan Seribu yakni Pulau H atau Pulau Tengah. Pulau ini disebut Pulau H di karenakan pemiliknya sendiri bernama Hengky Setiawan. Pulau ini memiliki luas 10 hektar dengan 42 villa. Tapi villa tersebut tidak untuk disewakan melainkan untuk dijual. Meskipun tidak untuk disewakan, namun sang pemilik mengaku dalam waktu dekat akan membangun restoran untuk umum.

“untuk anda yang ingin mengunjungi pulau ini tetapi tidak memiliki villa di dalamnya, jangan khawatir. Untuk saat ini saya sedang membuat sebuah restoran yang dikhususkan terbuka untuk umum,” ujar pak Hengky Setiawan seperti dilansir detik.com

Pulau H memiliki pantai yang indah, laut yang bersih, dan airnya yang jernih. Selain itu, salah satu keunggulan dari pulau ini adalah adanya pelestarian ikan hiu yang saat ini  berjumlah 150 ekor.

Untuk sampai ke pulau ini, kita harus menumpang kapal dari Pantai Mutiara. Jika kamu ingin bermain di pantai, jangan khawatir, pulau ini telah menyediakan berbagai wahana permainan seperti Banana Boat dan Jetski.

pulau H
pulau H
  1. PULAU PELANGI

Pulau pelangi termasuk pulau kecil di Kepulauan Seribu. Pulau ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk parawisatawan. Perjalanan ke Pulau Pelangi menempuh jarak 70 km. Untuk sampai ke pulau ini membutuhkan waktu 1,5 jam dengan menggunakan speed boat dari Marina Ancol.

Sesuai namanya, kita akan menemukan warna-warni pelangi saat pertama kali kita menginjakan kaki di Pulau Pelangi. Pulau ini juga ditumbuhi dengan pepohonan yang rindang dan lebat. Pohon yang tumbuhan di pulau ini kebanyakan pohon pinus dan pohon palem.

Sedangkan fasilitas di Pulau Pelangi meliputi penginapan, memancing, lapangan tenis, toko, diving, snorkeling, klinik kesehatan dan lain sebagainya yang menunjang wisata Sis Cantik.

pulau pelangi
pulau pelangi
  1. PULAU BIDADARI

Lokasi pulau Bidadari tidak terlalu jauh dari daratan Jakarta. Hanya berjarak sekitar 15 km. Di pulau ini kita bisa melihat gedung-gedung Jakarta yang terlihat seperti miniatur kota.

Kawasan pulau Bidadari ini memiliki catatan sejarah yang cukup penting. Salah satu buktinya adalah keberadaan benteng peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh.

pulau bidadari
pulau bidadari

Di sekitar pulau Bidadari juga tumbuh hutan mangrove yang menambah pesona pulau. Menurut masyarakat tempat dulunya pulau ini sering dijadikan tempat liburan Pengeran Jayakarta dan para penghuni kerajaan. Sehingga pulau ini dinamakan pulau Bidadari.

 

Oleh: Anita Ayu & Ayu Lestari