Jakarta – Suara Ekonomi

Keluarga Alumni Universitas Pancasila (KAUP) kembali menggelar acara Pancasila Expo setelah dua tahun lamanya. Acara ini tentu merupakan salah satu event yang paling dinantikan oleh para alumni. Acara ini berlangsung selama tiga hari mulai 12 hingga 14 Agustus 2022.

Pancasila Expo 2022 merupakan kegiatan yang diadakan dalam rangka menyambut kemerdekaan RI ke – 77. Selain itu, hadirnya kembali acara ini sekaligus menjadi momentum bangkitnya ekonomi, inovasi, dan kreativitas.

Menurut Refi Arif Rianto selaku Ketua Pelaksana, acara ini menjadi ajang silahturahmi bagi 6.500 alumni Universitas Pancasila. Hadirnya acara ini bukan hanya diperuntukkan untuk alumni saja, namun juga seluruh civitas akademika UP.

Dalam kegiatan ini, terdapat tenda-tenda bazar yang berada di depan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Bazar ini bertujuan memberi kesempatan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk menjual serta memasarkan produknya. Pengisi bazar UMKM terdiri dari komunitas di wilayah Bali, Jawa Barat, maupun DKI Jakarta.

Pada kegiatan bazar ini, KAUP bekerja sama dengan Bank Mandiri untuk menawarkan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Nominal kredit yang ditawarkan oleh Bank Mandiri sebesar Rp. 25 juta. Syarat atas pengajuan KUR, yakni menggunakan NPWP, KTP serta harus lulus BI Checking.

“Benefit bazar ini terhadap UMKM selain untuk jual beli, mereka mendapatkan kesempatan KUR dari Bank Mandiri. Bank Mandiri menjanjikan satu UMKM mendapatkan Rp 25 juta tetapi harus sesuai dengan legalitasnya lengkap seperti KTP, NPWP dan BI Checking Clear,” ucap Refi Arif Rianto.

KAUP selaku pihak penyelenggara acara ini juga bekerja sama dengan Kemenkumham. Kemenkumham berperan untuk memfasilitasi pelaku UMKM dalam mengurus legalitas persyaratannya.

Berbagai Stand Bazaar Yang Difasilitasi Oleh Pancasila Expo 2022. ( Sumber: Suara Ekonomi )

Tak hanya bazar, pihak penyelenggara mengadakan workshop UMKM. Acara workshop ini merupakan kegiatan seminar yang berkaitan dengan pengembangan serta peningkatan wawasan UMKM. Workshop ini terbuka untuk mahasiswa bahkan para calon pelaku UMKM dari seluruh  Indonesia.

Pihak penyelenggara juga memfasilitasi E-Sport Game Tournament kepada pelajar, khususnya SMA/SMK se-Jabodetabek. Jenis turnamen yang dilombakan seperti Free Fire hingga Point Blank Beyond Limits. Selain itu, terdapat perlombaan lainnya seperti festival band hingga basket.

Selain itu juga, acara ini mengadakan pameran Automotive Expo. Hal ini sangat dinantikan oleh para penggemar otomotif  kegiatan didalamnya meliputi bursa jual motor listrik, spare part motor dan mobil bekas. Disamping itu juga terdapat pameran mobil dan motor classic, engine tune up hingga salon mobil.

Pihak penyelenggara tentu tidak hanya menyediakan bazar dan workshop UMKM serta automotive expo. Sebagai pelengkap, adapula kegiatan donor darah, vaksin hingga kreasi konten di sosmed. Kegiatan-kegiatan tersebut diperuntukkan tak hanya untuk alumni, tetapi juga masyarakat umum.

Rangkaian acara ini ditutup dengan pameran Teknologi Expo Exhibition dan live music. Pengungjung dapat menikmati bahkan menyambangi beberapa pameran yang ada didalamnya. Pertama, pameran karya teknologi dan inovasi dari mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pancasila (FT-UP). Kedua, pameran produk dari berbagai vendor IOT. Ketiga, pameran dari anggota Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS).

Dengan demikian, harapan acara ini dapat memberikan kontribusi nyata kepada UMKM. Selain itu, berjalannya acara ini juga diharapkan mampu memperbaiki ekonomi Indonesia.

Reporter : Renatha Indah dan Anisa Eka

Editor : Audrey Duryhapsa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here