Jakarta – Suara Ekonomi

Memasuki bulan ramadhan berbagai aktivitas tetap dilakukan seperti biasa, hanya saja terdapat perbedaan pada jadwal makan. Hal ini sedikit banyak mempengaruhi proses metabolisme dalam tubuh.  Asupan karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin yang mendukung kinerja alat tubuh secara optimal otomatis berubah takarannya.

Makan dan minum saat berbuka tidak perlu berlebihan. Mengkonsumsi makanan bergizi saat sahur dan buka dapat membuat tubuh tetap segar, kuat, dan fit. Walau menu sederhana, yang penting mengandung unsur 4 sehat 5 sempurna.

Dalam sehari tubuh membutuhkan 2.000-2.500 mililiter air. Pada malam hari dan saat sahur minumlah air mineral guna proses pelarutan dan pengeluaran racun melalui air seni. Untuk mencegah dehidrasi,  usahakan minum air mineral karena  hampir sehari tubuh tidak makan dan minum. Kebutuhan air bisa juga diperoleh dari teh, susu, jus buah, kuah sayur dan lainnya.

Saat berbuka puasa, sebaiknya meminum minuman hangat dan makanan ringan manis saat berbuka puasa seperti teh, kurma atau kolak. Kurma memiliki kandungan serat dan gulanya sangat tinggi baik untuk kesehatan, cepat diserap oleh tubuh 45-60 menit untuk energi. Tetap saja, tidak boleh berlebihan ya!

Berikut ini beberapa tips agar tubuh tetap fit  saat beraktivitas di bulan puasa :

  • Niat

Pada saat akan melakukan apapun hal yang paling diutamakan adalah niat seseorang tersebut untuk melakukannya. Begitupun pada saat bulan puasa. Jika, kita memiliki niat yang besar maka rintangan apapun yang menggoda pada saat bulan puasa akan teratasi dengan mudah.

  • Mengkonsumsi Vitamin

Pada saat bulan puasa tubuh akan mengalami kekurangan asupan. Supaya tubuh tetap fit pada saat menjalankan aktivitas seperti biasanya diperlukan asupan tambahan. Vitamin sangat membantu untuk menjaga kebugaran tubuh, maka dari itu dianjurkan untuk meminum vitamin pada saat sahur dan setelah berbuka puasa.

  • Atur Pola Tidur

Pada saat bulan puasa  pola tidur akan berubah tidak seperti biasanya. Supaya tubuh tetap segar dan tidak merasa lemas ataupun ngantuk saat melakukan aktivitas. Maka,  bijaksanalah dalam mengatur pola tidur anda supaya tidak merasa lelah dan letih disaat menjalani aktivitas seperti biasanya.

  • Tetap Berolahraga

Pada saat bulan puasa bukan berarti kita tidak boleh melakukan olahraga. Banyak jenis olahraga ringan yang cocok dilakukan saat bulan suci. Sebagian orang berfikir setelah olahraga tubuh akan merasa lemas dan letih. Akan tetapi sebenarnya pemikiran seperti itu harus dihilangkan. Aktivitas ini penting untuk tetap menjaga stamina. Karena olahraga dapat membantu untuk mempertahankan sirkulasi oksigen dalam tubuh agar tetap lancar dan membuat tubuh semakin segar.

  • Perbanyak makan sayur dan buah

 Pada saat berpuasa tubuh kita tidak akan mendapatkan asupan makanan selama beberapa jam. Maka dari itu perbanyak makan sayur dan buah pada saat sahur dan berbuka akan menambah stamina tubuh supaya tetap terjaga dengan baik.

Itulah beberapa tips untuk menjaga daya tahan tubuh kita supaya tetap fit selama beraktivitas pada saat bulan puasa. Semoga dapat bermanfaat bagi semua.

Reporter: Shaula Puspasari

Editor: Winda Maharani

BAGIKAN
Berita sebelumyaJelang Bulan Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok Naik
Berita berikutnyaWarteg Zaman Now
LPMSE atau Lembaga Pers Mahasiswa Suara Ekonomi merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang lahir sejak 1986 di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Pancasila Jakarta. Produk LPMSE : Majalah, Buletin, Koran, Tabloid, Lembar Pemberitahuan, Mading, MyCampus, dan lainnya dan kini Majalah Online di www.suaraekonomi.com