Jakarta – Suara Ekonomi

Siapa yang tidak kenal aplikasi Facebook? Nyaris semua orang di seluruh dunia mempunyai akun jejaring sosial buatan Amerika ini. Chief Excecutive Officer (CEO) Facebook, Mark Zukerberg, mengatakan kalau Facebook akan melakukan pergantian nama. Pada Kamis (28/10) waktu Amerika Serikat melalui konferensi tahunan Connect, Facebook Inc resmi berganti nama menjadi Meta Platform Inc.

Mark Zukerberg Selaku Chief Excecutive Officer (CEO) Facebook. ( Sumber: kraksaan-online.id )

Sebelumnya Zuckerberg membantah perubahan nama dikarenakan skandal “Facebook Papers” yang menarik perhatian publik belakangan ini. Melainkan alasan perubahan nama dilakukan untuk mengubah citra, yakni dari perusahaan media sosial menjadi lebih luas. Hal ini dimaksudkan agar bisa diketahui tidak hanya melalui industri media sosial saja. Sebab pergantian nama aplikasi Facebook bisa diposisikan selaku salah satu dari banyak produk di dasar kelompok perusahaan   industri induk seperti Instagram, WhatsApp, serta Oculus. Tidak hanya itu, Facebook terus fokus pada teknologi generasi selanjutnya.

Pada musim panas lalu, perusahaan telah mulai membentuk tim Metaverse yang berdedikasi. Baru-baru ini diumumkan kalau Andrew Bosworth selaku Kepala Augmented Reality (AR) serta Virtual Reality (VR), sudah dipromosikan sebagai Chief Technology Officer. Setelah itu, Facebook berkata kalau mereka hendak mempekerjakan 10.000 orang lagi untuk bekerja di Metaverse buat Eropa nantinya. Zuckerberg berkata Metaverse hendak menjadi fokus utama di dalam perusahaan. Serta hendak jadi bagian utama dari bab selanjutnya tentang bagaimana internet hendak berkembang. Saat ini, Facebook telah mempunyai lebih dari 10.000 karyawan yang menghasilkan piranti keras semacam kacamata AR.

Facebook bukan lah salah satu dari industri teknologi populer awal yang mengganti namanya bersamaan dengan tekad industri. Pada tahun 2015, Google juga melaksanakan reorganisasi di bawah perusahaan induk yang bernama Alphabet Inc. Pergantian ini memberi ciri kalau Google bukan hanya sekedar mesin pencari. Melainkan konglomerasi yang luas dengan industri yg menghasilkan kendaraan beroda 4 tanpa pengemudi diiringi dengan teknologi kesehatan.

Kemudian, pada tahun 2016, Snapchat pula berubah nama menjadi Snap Inc. Mereka mulai mengatakan kalau perusahaannya selaku industri kamera. Di mana mengawali debutnya dengan sepasang kacamata kamera Spectacles.

Facebook sendiri bila diartikan menurut frasa memiliki makna buku muka. Facebook merupakan aplikasi di mana para penggunanya mampu saling berinteraksi dengan pemakai lain dari segala penjuru dunia. Inspirasi pembuatan Facebook berasal dari web Facemash yang didirikan terlebih dahulu oleh Mark Zuckerberg. Facemash sendiri ialah web yang menyediakan suatu kuis tebak paras.

Berbekal dari kepopuleran web Facemash ini, akhirnya Mark memiliki ide untuk menciptakan web jejaring sosial Facebook. Facebook awal kali diluncurkan tanggal 4 Februari 2004. Pada saat itu masih Bernama “The Facebook”.  Setelah itu diganti serta dihilangkan bagian “The” nya. Keanggotaan web jejaring sosial ini awal mulanya dibatasi hanya untuk para mahasiswa dan pemilik akun Harvard.edu saja. Bersamaan dengan berjalannya waktu, web jejaring sosial ini terus diperluas jangkauannya sampai ke berbagai mancanegara.

 Ilustrasi Masyarakat yang Sedang Berinteraksi di Facebook. ( Sumber: Selular.id )

Di Facebook para pengguna dapat berjumpa dengan sahabat baru dari segala penjuru dunia yang tadinya tidak mereka tahu. Pengguna bisa mengunggah banyak informasi mengenai dirinya serta para pemakai yang lain dapat mengetahui data tersebut. Tidak hanya itu, para pengguna juga dapat saling mengomentari berbagai macam perihal yang dibagikan pemakai lain. Lalu, di Facebook juga kita dapat berkomunikasi lewat sebuah komunitas yang di mana memiliki kesamaan antar penggunanya.

Reporter: Natasya Kintan

Editor: Farah Meirizka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here