Genre Musik Favorit Kaum Milenial

0
82

Jakarta – Suara Ekonomi

Saat ini kita seperti kembali ke zaman dahulu, di mana era yang membawa perubahan. Namun kali ini lain, kita bisa merasakan hal yang sama di waktu yang berbeda. Hal itu dapat kita rasakan dari adanya kehadiran musik.

Musik sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Banyak orang merasa hampa jika tidak mendengarkan musik. Berbagai jenis genre musik banyak diminati oleh kalangan milenal. Tidak jarang, festival ataupun konser menjadi wadah bagi para pendengarnya.

Berikut  aliran musik yang banyak digemari kaum milenial :

1. Pop

Aliran musik Pop (https://koranyogya.com)

Genre pop sampai saat ini masih menjadi favorit generasi milenal. Musik pop ini terbagi menjadi tiga jenis. Yang pertama, Musik Pop Standar, yakni musik dengan melodi sederhana. Kedua, Musik Pop Kreatif, musik yang dianggap unik karena ritme, melodi, harmoni, instrumen dan gaya yang digunakannya. Ketiga, Musik Pop Balada, jenis musik dengan tempo lambat dan sedang.

Saat ini jenis aliran musik pop yang sedang digandrungi milenial adalah dreamy pop. Maksudnya adalah penggabungan antara pop modern dengan pop vintage. Tidak heran, pemusik hadir dengan berbagai sentuhan yang terdengar klasik, namun tetap pada alirannya.

2. Folk

Aliran musik Folk (https://www.mousaik.com)

Folk dapat diartikan sebagai musik ‘rakyat’, dimana musik tersebut menceritakan kondisi saat ini. Alunan nada yang dimainkan biasanya diiringi dengan petikan akustik. Sejak beberapa tahun belakangan ini, genre musik folk sangat diminati oleh kalangan milenial. Karena peminatnya luas, banyak pemusik menghadirkan suasana musik sesuai dengan isi hati ataupun keadaan.

3. Rhythm and blues

Aliran musik Rythm and Blues (https://www.cnnindonesia.com)

Rhythm and blues adalah nama musik tradisional masyarakat Afro-Amerika. Musik pop kulit hitam dari tahun 1940-an sampai 1960-an yang bukan jazz atau blues. Genre musik ini terkesan lebih asik untuk dijadikan penghantar kesenangan diri. Rythm and Blues merupakan musik yang membangun aura semangat menjadi daya tarik kalangan muda.

4. Jazz

Aliran musik Jazz (http://showmusik.com)

Selanjutnya, aliran musik jazz yang terkesan lebih elegan dibanding yang lainnya. Musik jazz mampu membuat diri menjadi lebih tenang ketika mendengarkannya. Alat musik yang biasanya dipakai dalam genre musik ini adalah biola, piano, saksofon, bass, drum, gitar, trombone serta terompet. Musik Jazz pada awalnya dihina, namun saat ini bertransformasi menjadi musik kelas atas. Biasanya, jazz diputar sebagai penghantar suasana saat makan atau sebagai musik romantic untuk pasangan.

5. Dangdut

Aliran musik Dangdut (https://celebrity.okezone.com)

Yap, untuk segmen pendengar Indonesia, saat ini lagu dangdut sedang naik daun. Padahal dulu, banyak yang menyingkirkan lagu dangdut, karena terkesan vulgar. Namun, sekarang banyak musisi dangdut yang menaikan pamor sebagai jenis musik yang disukai. Meskipun demikian, dangdut saat ini juga sudah sedikit terkontaminasi dengan jenis atau aliran pop dan elektronik. Dimana banyak musik yang dibuat secara digital, dan bukan menggunakan alat musik tradisional lagi. Namun, dangdut tetaplah dangdut, yang masih menjadi salah satu jenis musik favorit masyarakat indonesia. 

Itulah beberapa genre musik yang diminati kalangan muda saat ini. Nyatanya, musik adalah kebutuhan batin yang dapat dijadikan cara alternatif mengontrol diri untuk berekspresi. Ajang festival musik pun banyak dibuat untuk menampung kegemaran dalam mendengarkan musik. Sebagian orang berkata, bahwa setiap lagu memiliki kenangan tersendiri yang melekat pada diri seseorang. Semoga, dengan adanya generasi musik yang terus masuk, dapat mewadahi kreativitas diri seseorang.

Reporter : Anita Fauziyyah

Editor : Dinda Nadya

BAGIKAN
Berita sebelumyaMewabahnya Virus Corona di Awal Tahun
Berita berikutnyaStadion Papua Bangkit Siap untuk PON 2020
LPMSE atau Lembaga Pers Mahasiswa Suara Ekonomi merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang lahir sejak 1986 di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Pancasila Jakarta. Produk LPMSE : Majalah, Buletin, Koran, Tabloid, Lembar Pemberitahuan, Mading, MyCampus, dan lainnya dan kini Majalah Online di www.suaraekonomi.com

LEAVE A REPLY