Jakarta – Suara Ekonomi

Bahasa merupakan suatu media yang digunakan oleh manusia untuk saling berkomunikasi dengan manusia lainnya, baik menggunakan kata maupun gerakan.  Tak hanya itu, bahasa juga dapat menjadi suatu pembeda antar bangsa. Karena setiap negara memiliki bahasa yang berbeda-beda pula. Sehingga timbul keunikan pada sistem kebahasaan yang disampaikan oleh setiap penuturnya. Sebagai contoh yaitu bahasa Indonesia, yang merupakan sebagai bahasa yang dinamis. Karena sifatnya yang dinamis, maka sampai detik ini pun terus bermunculan kata-kata baru. Baik melalui penciptaan, maupun penyerapan dari bahasa daerah dan asing.

Karena keunikannya, bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa yang sering dipelajari di negara lain. Hal lain yang menarik yaitu karena cara pengucapan dan tata bahasa dari bahasa Indonesia terbilang cukuplah mudah. Dasar-dasar penting untuk berkomunikasi pun dapat dipelajari hanya dalam kurun waktu tertentu. Itulah faktor yang menyebabkan banyaknya negara asing untuk mempelajari bahasa Indonesia. Penasaran negara mana saja yang mempelajari bahasa Indonesia? Berikut beberapa diantaranya :

  1. Australia

Bahasa Indonesia menjadi bahasa populer ke 4 di Australia. Ada sekitar 500 sekolah mengajarkan bahasa Indonesia. Jadi kamu tidak perlu heran apabila anak kelas 6 sekolah dasar (SD) sudah mahir berbahasa Indonesia.

  1. Kanada

Negara yang berlambangkan daun maple ini membuka beberapa tempat kursus dan belajar bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan Kanada menjadi sasaran bagi pencari kerja internasional yang berasal dari Indonesia. Selain menjadi salah satu negara dengan pendapatan rata-rata tertinggi, perbandingan dengan biaya hidupnya pun tidak terlalu jauh.

  1. Vietnam

Sejak meningkatnya hubungan bilateral antara Indonesia dan Vietnam, bahasa Indonesia menjadi sejajar dengan bahasa Inggris, Prancis dan Jepang sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan.

  1. Korea Selatan

Tak hanya Indonesia yang antusias dalam mempelajari bahasa negeri gingseng tersebut. Hal yang sama pun dilakukan warga negara Korea Selatan yang mempelajari bahasa Indonesia. Dilansir dari detik news, terdapat sekitar 300 mahasiswa Korea yang sedang tekun dalam mempelajari bahasa dan budaya Indonesia di Busan University of Foreign Studies.

  1. Jepang

Masyarakat Jepang mempelajari bahasa Indonesia bukan bertujuan untuk menjajah kembali. Melainkan banyaknya kerja sama yang dilakukan antara Jepang dengan Indonesia sehingga dirasa sangat penting untuk mempelajari bahasa Indonesia.

  1. Suriname

Salah satu negara di Amerika Selatan ini memiliki 14 persen dari total populasinya yang merupakan masyarakat berdarah asli Jawa. Dengan rata-rata pertumbuhan penduduk sebesar 1,3 persen, sehingga bahasa Indonesia dapat bertahan dilestarikan dengan baik.

  1. Hawaii

Sebuah negara yang terkenal dengan beberapa pulau tropisnya ini tidak tanggung-tanggung dalam mempelajari bahasa Indonesia. Dimana universitas disana menerbangkan langsung tenaga pengajar asal Indonesia untuk memuaskan dahaga mereka terkait bahasa ibu pertiwi.

Negara – negara diatas hanya beberapa dari banyaknya negara yang mempelajari bahasa ibu pertiwi. Hal inilah yang membuat Wikipedia bahasa Indonesia menduduki peringkat ke-26 di dunia dan masuk ke jajaran tiga besar di Asia. Peringkat ini dapat menaik apabila pemerintah memperhatikan pusat kebudayaan Indonesia di setiap negara dan mengunggah modul – modul bahasa Indonesia agar dapat dinikmati kapan dan dimana saja.

 Reporter: Ayu Khasanah

Editor: Tri Agustina

BAGIKAN
Berita sebelumyaMitos atau Fakta: Mandi Malam Sebabkan Rematik
Berita berikutnyaKoran SE – Edisi Juni 2018
LPMSE atau Lembaga Pers Mahasiswa Suara Ekonomi merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang lahir sejak 1986 di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Pancasila Jakarta. Produk LPMSE : Majalah, Buletin, Koran, Tabloid, Lembar Pemberitahuan, Mading, MyCampus, dan lainnya dan kini Majalah Online di www.suaraekonomi.com