Olahraga yang Cocok Dilakukan Selama Liburan

0
294

Jakarta – Suara Ekonomi

Semua orang pasti senang apabila mendengar kata liburan. Liburan memang identik dengan waktu luang yang lebih banyak bila dibandingkan dengan hari biasanya. Waktu liburan biasanya dihabiskan untuk pergi jalan-jalan. Tetapi ada juga yang memanfaatkan waktu tersebut untuk sekedar bermalas-malasan dirumah. Daripada hanya sekedar bermalas-malasan dirumah, lebih baik melakukan kegiatan yang lebih positif. Salah satunya adalah melakukan olahraga, baik bersama keluarga ataupun teman. Bagi sejumlah orang, untuk bangun dan berolahraga di pagi hari adalah aktivitas yang sangat membosankan. Sehingga tak jarang bagi sebgaian orang timbul rasa malas dan tidak bersemangat untuk berolahraga.

Pada kenyataannya, olahraga di pagi hari akan memberikan banyak manfaat seperti lebih berenergi, membantu menjaga berat badan, tidur lebih baik,dan lain sebagainya. Olahraga tidak harus pergi ke tempat pusat kebugaran, namun dengan olahraga ringan bisa menjadi alternatifnya. Berikut adalah beberapa jenis olahraga ringan yang dapat kita lakukan:

  1. Jogging atau Lari Pagi
olahraga jogging/lari pagi

          Olahraga ringan saat liburan yang pertama adalah jogging atau lari pagi. Kita bisa lari pagi dengan berkeliling di daerah sekitar rumah. Disamping itu, jogging termasuk olahraga yang murah dan mudah. Karena tidak perlu mengeluarkan dana dalam jumlah besar untuk melakukan olahraga ini. Jogging juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh serta membantu meningkatkan mood, karena tak hanya sekedar berlari namun bisa sekaligus menikmati pemandangan sekitar.  Waktu yang pas untuk lari pagi adalah 04.00 – 05.59 pagi tetapi akan lebih efektif untuk lari pagi adalah pada pukul 06.00 – 09.00 pagi.

  1. Bersepeda

            Bersepeda termasuk dalam kegiatan yang menyenangkan dan salah satu olahraga ringan yang dianjurkan saat liburan. Sama seperti jogging, bersepeda dapat dilakukan di daerah sekitar rumah. Kegiatan ini juga terbukti menyehatkan karena bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar serta meningkatkan energi untuk melakukan aktivitas lainnya. Bersepeda juga dapat membantu membentuk tubuh, saat bersepeda gerakan yang dilakukan dapat menguatkan serta mengencangkan paha, otot betis dan daerah panggul. Selain itu lemak di daerah ini akan berkurang dan diganti oleh otot. Dan juga bersepeda dapat membantu mengurangi kadar stres dan  membantu meningkatkan kesehatan jantung sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

  1. Lompat Tali

          Selanjutnya yang dapat dilakukan adalah lompat tali atau yang biasa disebut skipping. Olahraga ini adalah jenis gerakan yang dilakukan dengan menggunakan sebuah tali. Lompat tali memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh diantaranya mampu menurunkan berat badan karena hal ini dapat membakar lemak dengan sangat cepat. Selain itu juga mampu mengencangkan otot pada tubuh. Dalam gerakan ini juga bisa meningkatkan tinggi badan pada tubuh (untuk usia tertentu). Karena gerakan ini juga mengatur gerakan kaki dalam kecepatan melompat dengan ketangkasan tangan yang mengayunkan tali, maka gerakan ini dapat membuat tubuh menjadi lentur dan membuat konsentrasi untuk menjaga keseimbangan tubuh. Cukup melakukan lompat tali selama 30 menit, kita akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

            Demikian adalah beberapa olahraga ringan yang dapat dilakukan selama mengisi waktu liburan. Karena, liburan bukan merupakan alasan untuk meninggalkan gaya hidup sehat meski hanya sementara. Menjaga kesehatan di kala liburan itu penting, terutama untuk mengurangi risiko lonjakan berat badan. Olahraga tetap dibutuhkan, karena terkadang asupan makanan tidak diperhatikan, sehingga tubuh menerima kalori lebih banyak. Selain dengan berolahraga penting juga untuk memperbanyak minum air putih dan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan agar badan tetap bugar dan liburan terasa lebih  menyenangkan. Tapi jangan terlalu di paksakan untuk melakukan olahraga, sekiranya cukup luangkan waktu beberapa menit untuk sekedar melemaskan tubuh kita agar tidak kaku.

Reporter: Shavira Fitria

Editor: Tri Agustina