Jakarta – Suara Ekonomi

Terhitung sudah satu tahun lebih pandemi Covid-19 tersebar di Indonesia. Berbagai aktivitas masyarakat pun jadi ikut terkena dampaknya. Salah satunya, yaitu dalam bidang usaha juga harus terkena imbasnya dari adanya wabah ini.

Beberapa sektor usaha pun luluh lantak terkena dampaknya. Seperti para wirausahawan sektor pariwisata, mereka terdampak akibat sepinya pengunjung yang datang. Tak hanya itu, banyak wirausahawan merugi hingga gulung tikar akibat pandemi ini. Sebabnya, para wirausahawan harus memutar pikiran agar usahanya dapat berjalan dan juga bertahan.

Sebagai seorang pengusaha kita tidak boleh patah semangat di saat pandemi. Karena terdapat peluang dari berbagai sektor bisnis yang dapat kita jalani. Dengan itu, penting bagi kita untuk mencari kesempatan usaha yang kreatif serta menghasilkan keuntungan.

Yuk kita simak lima sektor bisnis yang dapat dijadikan ide untuk memulai suatu usaha:

1. Bisnis Makanan

Peluang Usaha Makanan di Saat Pandemi. ( Sumber : tamasia.co.id )

Makanan merupakan kebutuhan primer yang tidak mungkin manusia abaikan. Karena itu, bisnis makanan sangat cocok dijalankan pada masa pandemi seperti ini. Selama adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tidak semua orang dapat memasak makanan sendiri di rumah. Oleh sebabnya, konsumen membutuhkan makanan siap saji serta adanya layanan pesan antar.

2. Produk Kesehatan

Produk Masker Kain yang Dibutuhkan Masyarakat Saat Pandemi. ( Sumber : sirclo.com )

Pada saat pandemi produk kesehatan tak kalah pentingnya. Berhubungan dengan itu, maka banyak peminatnya di pasaran. Seperti obat-obatan, hand sanitizer, masker dan berbagai produk lainnya masih banyak dicari oleh para konsumen.

Membuka usaha produksi masker kain bisa dijadikan ide untuk memulai suatu bisnis. Setidaknya masker kain sangat bermanfaat di kala ini untuk meminimalisir penyebaran wabah Covid-19. Dilansir primayahospital.com, manfaat masker kain ialah sebagai pengganti dari masker medis dalam masyarakat umum. Selain itu, mudah dicuci dan dapat mengurangi kerusakan lingkungan, sehingga kebutuhan akan masker kain meningkat.

3. Jualan Pulsa atau Paket Data

Bisnis Pulsa atau Kuota. ( Sumber : hariantrendingtopik.com )

Pemerintah saat ini tengah memperpanjang PPKM di beberapa wilayah Indonesia. Tak hanya itu, terdapat juga aturan untuk belajar dan bekerja dari rumah masing-masing. Hal ini, menyebabkan kebutuhan akan internet menjadi meningkat. Kondisi seperti ini sangatlah menguntungkan untuk dijadikan bisnis, apalagi di masa sekarang.

4. Bisnis Online

Bisnis Online di Masa Pandemi. ( Sumber : econochannelfeunj.com )

Bisnis online menjadi pilihan banyak orang di tengah pandemi saat ini. Sebab, dapat dilakukan secara fleksibel kapanpun dan dimanapun. Barang apapun dapat dipasarkan melalui jejaring sosial ataupun media lainnya. Seperti mulai dari pakaian, peralatan rumah tangga, alat elektronik dan lain sebagainya. Selain itu, transaksi yang dilakukan juga secara online. Jadi, dapat menghemat waktu dan bisa meminimalisir adanya penyebaran Covid-19.

5. Bisnis Tanaman Hias

Bisnis Tanaman Hias di Masa Pandemi. ( Sumber : hmaxmanroe.com )

Bisnis ini menjadi salah satu bisnis yang cukup relatif dan bukan hal asing lagi. Selain menjadi hobi, bisnis ini juga dapat menghasilkan uang. Di tengah pandemi ini, penjualan dari tanaman hias semakin meningkat. Hal ini, banyak masyarakat yang menggandrungi tanaman hias sebagai koleksi di rumah.

Untuk memulai bisnis tanaman hias tidaklah terlalu mahal. Sekarang ini usaha tanaman hias semakin menjadi tren yang sedang berkembang. Banyak hal yang dapat ditawarkan mulai dari bibit, akar, bunga, daun hingga batang tanaman. Karena itu, bisnis ini lumayan banget bagi orang awam yang sedang mencoba untuk membuka usaha.

Berbagai cara dilakukan agar tetap bangkit, meskipun Covid-19 masih ada dan perekonomian Indonesia juga belum stabil. Salah satunya, kita dapat dengan mulai membuka suatu usaha. Berbagai peluang bisnis yang sesuai dengan situasi saat ini juga telah disebutkan di atas. Kini, giliran anda yang menentukan untuk mau memulai usaha apa nantinya. 

Reporter : Muhammad Taufiq

Editor : Farah Meirizka

BAGIKAN
Berita sebelumyaPersiapan Pembangunan Satelit Satria-1 di Indonesia
Berita berikutnyaKetentuan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas
LPMSE atau Lembaga Pers Mahasiswa Suara Ekonomi merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang lahir sejak 1986 di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Pancasila Jakarta. Produk LPMSE : Majalah, Buletin, Koran, Tabloid, Lembar Pemberitahuan, Mading, MyCampus, dan lainnya dan kini Majalah Online di www.suaraekonomi.com

LEAVE A REPLY