Jakarta – Suara Ekonomi

Universitas Pancasila kembali menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) walau keadaan masih pandemi. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan PKKMB Tahun Ajaran 2021/2022 ini dilaksanakan dengan sistem hybrid. Akan tetapi, kegiatan PKKMB ini tetap dilakukan secara daring untuk mahasiswa baru lainnya.

Pelaksanaan PKKMB Universitas Pancasila Dilakukan Secara Daring

Sebanyak 28 mahasiswa terpilih diikutsertakan secara luring di aula lantai empat Fakultas Farmasi Universitas Pancasila. Masing-masing fakultas mengirimkan 4 orang perwakilan bergantian setiap harinya. Sehingga total mahasiswa baru yang mengikuti PKKMB secara luring adalah 112 dari tujuh fakultas. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari, yaitu dari tanggal 6-10 September 2021. PKKMB ini merupakan upaya penyambutan dan pembekalan mahasiswa baru Universitas Pancasila sebelum memulai kegiatan perkuliahan.

Orasi Ketua Senat KMUP

PKKMB Tahun Ajaran 2021/2022, diikuti oleh 2.050 mahasiswa baru dari Program Diploma, Sarjana Profesi, dan Pascasarjana. Khususnya di FEB-UP sendiri terdapat 347 mahasiswa baru yang terdiri dari 206 mahasiswa S1 Manajemen, 92 mahasiswa S1 Akuntansi, 17 mahasiswa D3 Akuntansi, dan 32 mahasiswa D3 Perpajakan.

Pada tahun ini, pelaksanaan PKKMB Universitas Pancasila dibagi menjadi dua tingkat. Tingkat pertama di universitas selama tiga hari lalu fakultas dalam dua hari. Kegiatan PKKMB Universitas Pancasila tahun 2021 ini mengangkat tema “Mewujudkan Mahasiswa Universitas Pancasila yang Memiliki Keluhuran Akhlak, Kedalaman Ilmu, Cinta Tanah Air, dan Berbudaya Saing Global di Era Merdeka Belajar Kampus Merdeka”.

Selaras dengan tema yang diangkat, kegiatan ini diharapkan dapat menjadikan mahasiswa yang berkarakter Pancasila, memiliki keluhuran akhlak, kedalaman ilmu, dan cinta terhadap tanah air. “Sehingga mahasiswa yang punya kecintaan terhadap tanah air akan berpikir, kontribusi apa yang bisa diberikan kepada negeri ini,” ujar Ricky Sinaga selaku Ketua Senat KMUP Periode 2021.

Terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan PKKMB, seperti mis communication dan gangguan jaringan internet. Namun, tidak mengurangi esensi dari kegiatan itu sendiri serta masih berjalan dengan baik dan lancar. “Memang ini di luar kendali kita karena memang dari penyedia layanan internetnya itu mengalami gangguan. Tapi, itu hanya berlangsung beberapa waktu saja,” tutur Ricky Sinaga.

Upacara pembukaan menjadi awal rangkaian kegiatan PKKMB di hari pertama. PKKMB secara resmi dibuka oleh Rektor Universitas Pancasila, Prof. Dr. Edie Toet Hendratno, S.H., M.Si., FCBArb. Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan oleh Dr. Ir. (HC) Siswono Yudo Husodo Selaku Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Dan Pembinaan Universitas Pancasila. Terakhir, sambutan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Nadiem Makarim.

Setelahnya, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan beberapa materi. Di antaranya, materi tentang Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Lalu, materi mengenai Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0 Sistem Pendidikan Tinggi dan MBKM. Tidak hanya itu, terdapat juga materi Pengenalan Kampus Universitas Pancasila, seperti PPKLKM, LSP, Lembaga Bahasa, dan Perpustakaan Universitas Pancasila.

Tidak kalah menarik, PKKMB hari kedua kembali diisi oleh para narasumber hebat pada bidangnya masing-masing. Dimulai dari materi tentang Manajemen Risiko, Kesiapsiagaan, dan Mitigasi Bencana di Perguruan Tinggi yang dibawakan oleh Prof. DR. Agus Setyo Budi, MSC selaku Kepala LLDIKTI Wilayah III dan Dr. Myrna A. Safitri, S.H., M.Si., P.H. selaku Deputi Bidang Edukasi dan Sosialisasi Kementerian BRGM.

Kemudian, dilanjutkan dengan materi Pengenalan Kampus Universitas Pancasila, yaitu tentang Sistem Informasi Akademik (SIAK), Learning Management System (LMS), dan Campus Tour (Pancasila University: We Guide You To A Better Future). Selanjutnya, materi tentang Bahaya Narkoba Terhadap Generasi Muda Bangsa Indonesia oleh Irjen. Pol. DRS. Andjar Dewanto, SH., MBA selaku Deputi Pemberdayaan Masyarakat.

Lalu, dilanjutkan oleh dr. Lahargo Kembaren, Sp.Kj selaku psikiater dengan materi Self Efficacy dan Kesehatan Jiwa. Terakhir, ditutup dengan materi Kesadaran Lingkungan Hidup dan Kampus Sehat oleh Dr. Eng. Muh. Zulkifli Mochtar, ST., M.Eng selaku Konsultan Okabayashi Jaya dan Dr. apt. Novi Yantih, M.Si selaku Wakil Rektor Bidang II Univeritas Pancasila.

Berlanjut pada hari ketiga, terdapat talkshow tentang Program Kreativitas, Inovasi Mahasiswa, dan Kemahasiswaan yang dibawakan oleh Dr. Prima Jiwa Osly, ST. MSi selaku Kepala Biro Kemahasiswaan UP, Yehezkiel Bimo Dwicahyo selaku Ketua BP KMUP, dan Ricky Sinaga selaku Ketua Senat KMUP. Salah satu rangkaian spesial pada pelaksaaan PKKMB UP tahun ini yaitu adanya orasi Ketua Senat KMUP. Serta pada hari ketiga PKKMB diadakannya talkshow.

Pada hari keempat dan kelima, para mahasiswa baru mengikuti rangkaian kegiatan PKKMB dari fakultasnya masing-masing. Dalam hal ini, seluruh rangkaian kegiatan diserahkan sepenuhnya kepada fakultas masing-masing saat menyambut mahasiswa baru. Seperti adanya materi kunjungan virtual mahasiswa baru dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan open house orang tua mahasiswa baru dengan fakultas. Juga, materi mengenai kelembagaan dalam setiap fakultas, seperti Badan Pengawas Fakultas (BP), Senat Mahasiswa Fakultas (SEMA). dan Himpunan Mahasiswa (HIMA).

Pengenalan Lembaga FEB-KMUP

Kegiatan PKKMB Universitas Pancasila TA. 2021/2022 ini ditutup dengan penampilan Guest Star Stand Up Comedy oleh Aly Akbar. Lalu, dilanjutkan dengan pengumuman para pemenang tugas-tugas yang diberikan selama masa PKKMB berlangsung. Terakhir, upacara penutupan ditutup oleh Dr. Drs. Joko Hartanto, S.H., M.Si., Selaku Wakil Rektor III.

Setelah seluruh rangkaian PKKMB UP tahun 2021 ini berakhir, terdapat webinar Cakap Digital yang diselenggarakan dengan KOMINFO. Sehabis pelaksanaan PKKMB berakhir, mahasiswa baru juga masih tetap mendapatkan mentoring. Mentoring ini dilaksanakan selama enam minggu oleh fasilitator di bawah pengawasan Bidang 1 Senat KMUP. Hal tersebut guna mendampingi mereka dan memberikan informasi seputar kehidupan kampus.

Fasilitator tersebut terdiri dari dua orang mahasiswa yang memfasilitasi 50-60 mahasiswa baru melalui grup whatsapp. Hal ini bertujuan untuk menjadikan mahasiswa baru untuk aktif berkuliah. “Mahasiswa/i Universitas Pancasila menjadi mahasiswa/i yang aktif. Bukan hanya datang, kuliah, belajar, dan mengerjakan tugas. Universitas Pancasila mempunyai banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan. Banyak potensi yang bisa digali. Mari eksplor itu semua. Sangat sayang kita bayar mahal di Universitas Pancasila, tetapi potensi kita tidak tergali dengan maksimal,” ungkap harapan Ketua Senat KMUP terhadap mahasiswa baru Universitas Pancasila TA. 2021/2022.

Reporter : Deya Syafitri Anggreini

Editor : Arieza Rizki Sapdayarga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here