Jakarta – Suara Ekonomi

Kamis (12\12\2019) UNESCO akhirnya menetapkan tradisi Pencak Silat sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage). Sebelumnya, pemerintah Republik Indonesia telah mengajukan tradisi tersebut sejak Maret 2017. Kabar ini membuat bangga warga Indonesia, karena semakin bertambahnya budaya Indonesia yang telah diakui dunia.

Sidang penetapan tersebut diadakan di Bogota Colombia dalam sidang ke-14. Intergovermental Committee for the safeguarding of the Intangible Cultural Heritage (IHC) berlangsung pada 9-14 Desember 2019. Dilansir dari laman CNN Indonesia, “Tepat pukul 10.00 waktu setempat, tradisi Pencak Silat resmi terdaftar dalam warisan budaya dunia tak benda,” ujar Surya Putra, selaku wakil delegasi tetap Indonesia untuk UNESCO. Ternyata, selain Pencak Silat terdapat 42 nominasi lainnya untuk diinskripsi ke dalam warisan budaya tak benda.

Penetapan tradisi pencak silat sebagai warisan budaya tak benda oleh unesco
Sumber : Kemlu.go.id

Pencak silat sendiri merupakan suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia. Selain di Indonesia, seni bela diri ini telah dikenal secara luas di Malaysia, Brunei, Singapura dan negara Asia Tengara lainnya.Pencak Silat merupakan olahraga yang memerlukan banyak konsentrasi. Selain itu, Surya Putra menyatakan tradisi pencak silat bukan hanya sekedar bela diri. Namun, juga menjadi bagian dari jalan hidup bagi para pelakunya.“Pencak silat mengajarkan kita untuk dapat mejalin hubungan yang baik dengan tuhan, manusia dan lingkungan,” katanya.

Pencak silat tentunya mengajarkan teknik menyerang. Namun, bagian terpenting dalam Pencak Silat adalah untuk melatih menahan diri dan menjaga keharmonisan. Selain aspek bela diri, adanya sudut spiritual, seni budaya, dan olahraga membuat Pencak Silat menjadi unik. Dilihat dari segi manfaat dan peranan, Pencak Silat dapat menambah kesehatan dan kebugara. Selain itu, bisa melatih ketahanan mental serta mengembangkan kewaspadaan.

Bangga akan tradisi pencak silat yang sudah diakui dunia
Sumber : diski.jabarpov.go.id


Indonesia tentunya ingin terus melestarikan tradisi Pencak Silat dan memperkenalkannya melalui kegiatan lomba tingkat dunia. Dengan resmi ditetapkannya Pencak Silat, Indonesia saat ini memiliki 1 Warisan Budaya tak benda UNESCO. Selain itu, 9 situs warisan budaya alam dan 15 cagar alam biosfer Indonesia.

Reporter : Angelina Nadya

Editor : Mutiyas Palupi

LEAVE A REPLY