Tips Mudah Diet Sehat

0
168

Jakarta – Suara Ekonomi

Memiliki  tubuh yang indah dan sehat adalah idaman bagi banyak orang. Selain sebagai daya tarik, tubuh yang ideal juga dapat menambah rasa percaya diri. Beberapa orang melakukan berbagai cara untuk mewujudkannya. Salah satu nya dengan berolahraga.

Namun, banyaknya aktivitas dan kesibukan menjadi alasan tidak berolahraga dan lebih memilih melakukan diet secara berlebihan. Seperti mengurangi dan bahkan tidak makan. Padahal makan merupakan hal penting yang diperlukan tubuh. Karna tubuh perlu energi untuk menjalankan kegiatan sehari-hari dan proses metabolisme dalam  tubuh.

Banyak cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat meski tanpa berolahraga dan melakukan diet yang berlebih. Nah, berikut ini adalah daftar diet simple yang perlu dilakukan untuk mempunyai tubuh ideal sesuai dengan keinginan.

  1. Mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula

Jika kamu termasuk penyuka makanan, minuman, dan camilan manis sebaiknya kamu harus menguranginya dari sekarang. Tidak hanya gula, agar diet alami dapat berhasil sebaiknya juga mengurangi karbohidrat. Bagi kamu yang suka menjadikan mie sebagai lauk nasi sebaiknya berhenti. Pasalnya, keduanya merupakan sumber karbohidrat. Secara alamiah karbohidrat akan diubah menjadi glukosa di dalam tubuh. Jika dikonsumsi terlalu banyak maka sisa glukosa akan disimpan dan lama kelamaan akan menjadi lemak.

  1. Minum Air Mineral

Air adalah salah satu komponen terbesar dalam tubuh. Sebesar 60-70% tubuh kita terdiri dari air. Air memiliki peranan yang sangat penting, yaitu sebagai pengatur suhu tubuh, pelarut dan alat angkut, membuang racun dan sisa makanan, melancarkan darah, dan memperlancar sistem pencernaan.

Rajin minum air putih bisa membuat lemak dalam tubuhmu luruh dan berat badanmu menurun.

  1. Mengurangi Junk Food

Junk Food atau makanan cepat saji memang pilihan cepat untuk menghilangkan rasa lapar. Selain cepat, praktis dan mudah ditemui menjadi alasan jenis makanan ini digemari oleh sebagian masyarakat. Di balik kemudahaannya, sering mengkonsumsi junk food ternyata memiliki efek yang serius bagi tubuh. Hal ini karena makanan tersebut mengandung kalori yang berlebih. Bagi kalian yang benar-benar ingin memiliki tubuh ideal sebaiknya ikuti tips ini ya.

  1. Hindari camilan

Hampir semua orang menyukai ngemil atau makan camilan. Camilan atau snack sangat cocok dikonsumsi saat sedang bersama teman, nonton film, mengerjakan tugas ataupun mengisi waktu senggang. Biasanya terdiri dari makanan ringan, kue, dan biskuit. Selain sebagai teman saat bosan, ngemil juga dapat mengganjal rasa lapar. Tetapi kalori dalam camilan dapat lebih besar dari yang kita kira loh. Seperti kue tart dan beberapa jenis cup cake ternyata memiliki hingga 250 kalori.  Wah mulai sekarang lebih baik mengganti dengan camilan rendah kalori ya!

  1. Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah aktivitas yang mudah dan dapat dilakukan di mana saja. Banyak manfaat dari kegiatan kecil ini, ya berat badan yang stabil. Ternyata dengan membiasakan berjalan kaki rutin, laju metabolisme tubuh ditingkatkan. Sejumlah kalori terbuang oleh aktivitas berjalan kaki, kelebihan kalori yang mungkin ada akan terbakar oleh meningkatnya metabolisme tubuh, sehingga kenaikan berat badan tidak terjadi.

  1. Makanan Yang Tepat

Makanan yang cocok untuk pendiet adalah yang memiliki kandungan protein dan berserat tinggi. Yaitu daging tanpa lemak, ikan tuna, ikan salmon, telor dan ayam. Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah dan sayur seperti pepaya, lemon, apel, pisang , bayam, wortel, brokoli dan kacang-kacangan

  1. Komitmen

Selain niat, komitmen juga bagian terpenting dalam diet. Karena semua tips diatas tentu tidak akan berhasil jika dijalani tanpa komitmen.

Reporter: Muhamad Rizaki

Editor: Winda Maharani

BAGIKAN
Berita sebelumyaAlasan Rendahnya Minat Baca di Indonesia
Berita berikutnyaJangan Sepelekan Dampak Depresi
LPMSE atau Lembaga Pers Mahasiswa Suara Ekonomi merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang lahir sejak 1986 di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Pancasila Jakarta. Produk LPMSE : Majalah, Buletin, Koran, Tabloid, Lembar Pemberitahuan, Mading, MyCampus, dan lainnya dan kini Majalah Online di www.suaraekonomi.com