Jakarta – Suara Ekonomi

Universitas Pancasila (UP) kembali berpatisipasi dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2018. Ajang ini dilaksanakan pada tanggal 19-20 Maret 2018. Dengan tema “Sustainable Development Goals (SDGs)”. Bertempat di Aula Fakultas Teknik Universitas Pancasila.

Keikutsertaan UP dalam event ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa mahasiswa UP dapat bersaing di kancah nasional. Tentunya membawa nama Universitas Pancasila lebih kenal. “Dari Pilmapres ini dapat satu kandidat untuk maju ke Tingkat Wilayah. Sebagai langkah awal agar ada mahasiswa UP berprestasi dan mengharumkan nama UP di luar,” ungkap Ketua Pelaksana, M. Bagir Baraqbah (Fakultas Pariwisata).

Ketua Pelaksana Pilmapres M. Bagir Baraqbah

Peserta Pilmapres diseleksi dari tiap fakultas. Satu peserta mewakili satu fakultas. Setelah itu akan diseleksi kembali di tingkat universitas. “Peserta kita ambil satu dari tiap fakultas untuk diadu di universitas. Peserta yang terpilih di universitas akan dikirim untuk mewakali UP”, tambahnya.

Adapun nama-nama peserta yaitu Yodi Hartadi Pramono (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Trias Utami Putri (Fakultas Teknik), Ratu Citra Ningsih (Fakultas Hukum), Rusiana (Fakultas Farmasi), dan Firra Kholisha Mustika (Fakultas Pariwisata).

Proses penyeleksian peserta di tingkat universitas melalui tiga tahapan. Pertama, peserta melakukan persentasi Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang ditulis sendiri. Tahapan kedua wawancara bahasa inggris terkait KTI tersebut. Terakhir diskusi terbuka dalam bentuk debat  sesama peserta.

“Pertama mereka melakukan persentasi karya ilmiah. Hari kedua mereka ada wawancara bahasa inggris. Terakhir, diskusi terbuka melalui tanya jawab peserta,” lanjut Ketua Panitia.

Setelah melalui pemilihan, Rusiana (FF) menjadi juara pertama. Untuk mewakili UP di tingkat Kopertis III.

Juara Pertama Pilmapres 2018 (Rusiana-Fak.Farmasi)

M Hisyam Zam Zawi mengatakan, peserta yang terpilih menjadi juara satu, dua, dan tiga akan mendapatkan hadiah beasiswa di Universitas Pancasila. Berupa potongan pembayaran kuliah. Peserta lainya akan mendapatkan uang tunai. Sedangkan hadiah tingkat nasional berupa piagam perhargaan dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemenristekdikti.

“Ya, terpilih menjadi juara satu akan mendapatkan hadiah beasiswa, di tanggung 1 semester. Juara dua dan tiga dapat potongan bayaran kuliah UP. Dan peserta yang lain di kasih uang tunai,” ujar Mahasiswa Fakultas Tehnik tersebut.

M. Hissyam Zam Zawi

Pilmapres kali ini terdiri atas 2 (dua) kategori, Program Sarjana dan Diploma. Namun UP hanya berpatisipasi pada Program Sarjana. Karena ada beberapa kendala dan kajian yang masih belum diselsaikan.

“Pilmapres tahun ini kita lebih fokus untuk Program Sarjana. Karena untuk Diploma belum ada kajian-kajian disetiap fakultas. Terlebih belum ada koordinasi lagi dengan Dikti,” tegasnya.

Mirza selaku Ketua Senat KMUP berharap, perwakilan Pilmapres UP dapat mempersiapkan diri untuk bertanding di tingkat Kopertis Wilayah III. Untuk menunjukan bahwa UP mampu bersaing di tingkat nasional. Baik  kegiatan non akademik maupun akademik.

“Saya berharap bagi yang terpilih nanti, dapat mempersiapkan diri untuk bersaing di tingkat kopertis. Bawasanya untuk menunjukan bahwa Pancasila turut andil dalam kegiatan akademik di tingkat nasional,” ujar Mirza

Ketua Senat KMUP

Pilmapres merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Kegiatan ini bertujuan mencari mahasiswa berprestasi diseluruh perguruan tinggi. Mendorong perguruan tinggi untuk mengembangkan budaya akademik. Serta  memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi secara berkesinambungan. Selengkapnya di http://pilmapres.ristekdikti.go.id

Reporter: Adi Nanang

Editor: Tri Agustina

BAGIKAN
Berita sebelumyaDua Tahun Masa Jabatan Dekan FEB UP
Berita berikutnyaJelang Musma 25, Menuju Kelembagaan Berkualitas
LPMSE atau Lembaga Pers Mahasiswa Suara Ekonomi merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang lahir sejak 1986 di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Pancasila Jakarta. Produk LPMSE : Majalah, Buletin, Koran, Tabloid, Lembar Pemberitahuan, Mading, MyCampus, dan lainnya dan kini Majalah Online di www.suaraekonomi.com