Jakarta – Suara Ekonomi.

Zahir Accounting merupakan jenis software terbaru yang kini muncul sebagai alternatif untuk mempermudah proses akuntansi bagi penggunanya. Software ini lahir dari karya anak bangsa, pada tahun 1996 dengan produk pertamanya Zahir Accounting versi 1.0. Zahir telah digunakan lebih dari 30.000 perusahaan mulai dari skala terkecil hingga yang terbesar.

Hingga saat ini  Zahir Internasional telah mengeluarkan produknya sampai versi ke- 6.0 dan terus berkembang. Zahir Accounting kerap digunakan dalam membuat laporan neraca perusahaan, laba rugi, aliran kas dan masih banyak lagi. Seperti yang di lansir dari zahiraccounting.com, kini zahir telah tersebar di lebih dari 30 kota di Indonesia, dalam wujud kantor pusat atau cabang, gerai, agen, dan reseller (pengecer).

Keunggulan dalam menggunakan akuntansi zahir dibandingkan dengan akuntansi lainnya, yaitu :

  1. Memberikan kemudahan dalam penggunaan bahasa. Akuntansi zahir mempunyai dua jenis bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Bahasa Indonesia yang tersedia mudah dipahami karena seperti bahasa sehari-hari.
  2. Penggunaan akuntansi zahir terbilang
  3. Sistem akuntansi berstandar Indonesia dengan sistem double entry. Yang dimaksud dari double entry adalah pencatatan ganda, di mana setiap transaksi usaha yang dicatat mempunyai pengaruh setidak-tidaknya pada dua akun.
  4. Memudahkan mencetak faktur pajak dan standar.
  5. Memiliki nilai transaksi sebanyak 15 digit.
  6. Memiliki Fasilitas Giro Mundur.

Kelebihan lain yang dimiliki akuntansi zahir yaitu dapat mempermudah pembukuan seluruh jurnal akuntansi dan laporan keuangan secara otomatis, sehingga tanpa mengerti teori akuntansi yang mendalam, pengguna tetap bisa mengambil keputusan bisnis. Semua keunggulan itu ada karena software ini dilengkapi berbagai analisa laporan keuangan perusahaan. Adapun macam-macam dari analisa tersebut yaitu analisa rasio, break even point analysis, berbagai grafik dan laporan interaktif yang menarik dan terintegritas.

Sejak September 2016, software ini mulai diterapkan dalam sistem akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila. Dengan menawarkan keunggulan yang dimiliki, Zahir cukup diminati oleh mahasiswa FEB-UP. Terlebih Zahir menjadi salah satu daftar dalam program Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA).

Program PPA merupakan program wajib bagi mahasiswa akuntansi FEB-UP untuk melakukan berbagai pelatihan. Terdapat 10 pelatihan yang tersedia dan masing-masing bersertifikat. Sertifikat-sertifikat tersebut berguna sebagai syarat wajib kelulusan mahasiswa FEB-UP. Pelatihan Zahir merupakan salah satu pilihannya. Yang menjadi keistimewaan yaitu apabila mengikuti Zahir Accounting ini, mahasiswa akan memperoleh sertifikat langsung dari PT. Zahir Internasional. Hal ini lah yang melatar belakangi perbedaan harga yang ditawarkan oleh Program PPA di FEB-UP.

Kini Zahir hadir di FEB UP
Kini Zahir hadir di FEB UP

Tujuan diadakannya Zahir dalam PPA adalah agar mahasiswa lulusan Universitas Pancasila tidak kalah saing dengan lulusan Universitas lainnya. Hal ini selaras dengan apa yang  disampaikan oleh Wakil Dekan II FEB-UP, Sri Ambarwati S.E., M.S.M, Ak., CA,  beliau menyampaikan bahwa tujuannya agar mahasiswa lulusan UP lebih siap dalam dunia kerja dengan mampu memahami aplikasi komputer di perusahaan dan tidak kalah saing dengan mahasiswa lulusan universitas lain.

Akuntansi zahir ini telah mendapatkan banyak Reward, antaralain penghargaan APICTA Indonesia oleh Menkominfo tahun 2002-2004, Penghargaan Presiden RI tahun 2003, Penghargaan Enterprise tahun 2006, Juara Pertama Teknopreneur Award tahun 2008, ISO 9001:2008 tahun 2010, Best Choice Award tahun 2013, dan lain sebagainya. Atas reward yang telah diterima tersebut, akuntansi zahir menjadi software akuntansi terbaik. Pernyataan itu pun terbukti dari prestasi-prestasi yang dicapai akuntansi zahir.

Liputan: Fitra, Nurul & Putri Tri

BAGIKAN
Berita sebelumyaTarung Derajat DKI Jakarta Bangkit!
Berita berikutnyaSURGA YANG TAK DIRINDUKAN 2
LPMSE atau Lembaga Pers Mahasiswa Suara Ekonomi merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang lahir sejak 1986 di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Pancasila Jakarta. Produk LPMSE : Majalah, Buletin, Koran, Tabloid, Lembar Pemberitahuan, Mading, MyCampus, dan lainnya dan kini Majalah Online di www.suaraekonomi.com