Jakarta – Suara Ekonomi

Tahun telah berganti, bulan telah berlalu, dan perjalanan pun terus berlanjut. Awal tahun 2020 menjadi musim yang akan selalu dikenang oleh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, sejak sebelum hingga sesudah tahun baru, hampir seluruh wilayah Indonesia diguyur hujan.

Hujan tidak selamanya bisa di prediksi. Kita harus menjaga tubuh agar tetap sehat untuk bisa menjalankan aktivitas sehari-hari sebagaimana mestinya. Berbagai penyakit seperti flu, diare, hingga kulit gatal-gatal pun dapat muncul dimusim penghujan ini.

Berikut beberapa kiat agar tetap sehat ketika musim hujan :

1.Menjaga Tubuh Tetap Hangat

Ilustrasi memakai pakaian hangat (Sumber :www.kotakgame.com)

Para peneliti menemukan bahwa tubuh yang kedinginan, terutama kaki, dapat menyebabkan gejala flu pada seseorang yang rentan terhadap virus flu. Saat tubuh berusaha menjaga diri kita agar tetap hangat, tubuh membatasi aliran darah ke kaki kita termasuk hidung. Hal ini membuat hidung menjadi dingin dan menjadi tempat favorit bagi banyak virus. Oleh karena itu, kita harus memastikan memakai pakaian hangat saat musim hujan tiba.

Kemudian, mandi menggunakan air hangat adalah solusi jitu ketika kita usai terjebak dalam hujan, cara ini akan perlahan-lahan meningkatkan suhu tubuh kita. Selain itu juga, bisa membantu menyingkirkan kuman dan melindungi kita dari infeksi. Sebagai tambahan, kita juga bisa merendam kaki kita ke dalam air hangat.

Selanjutnya, mengonsumsi minuman hangat dimusim hujan sangat baik untuk kesehatan kita. Kita bisa mengonsumsi teh hijau atau cokelat panas. Selain itu, kita juga bisa mencoba semangkuk sup panas agar suhu tubuh kita tetap hangat. Cara tersebut dapat membuat kita terhindar dari masuk angin atau infeksi yang bisa terjadi karena perubahan suhu tubuh yang tiba-tiba.

2.Jaga Kebersihan dan Kerapihan

Ilustrasi membersihkan rumah dari kotoran (Sumber: www.asetanda.com)

Ketika musim hujan, orang cenderung memilih berada di dalam rumah dan menutup jendela agar tetap hangat. Meskipun terlihat nyaman, ternyata kuman memiliki sifat menyebar sehingga kita perlu menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Kita harus menjaga agar tangan tetap bersih dengan mencucinya secara teratur atau menggunakan pembersih tangan.

Saat hujan reda, sebaiknya kita bersama masyarakat sekitar melakukan gotong royong untuk pembersihan lingkungan dimulai dari pembersihan sampah yang berserakan, pembersihan saluran air, dan lain sebagainya. Karena, dengan lingkungan yang kurang bersih, banyak air yang akan tergenang pasca hujan. Ini bisa menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

3.Komsumsi Vitamin C

Ilustrasi minum jus jeruk (Sumber: www.shutterstock.com)

Vitamin C, baik dalam bentuk alami atau sebagai suplemen makanan dapat membantu mempercepat pemulihan dari virus flu. Cobalah untuk megonsumsi makanan yang mengandung vitamin C yang bisa diperoleh secara alami dari buah dan sayur agar kita tidak mudah jatuh sakit. Vitamin C alami bisa diperoleh dari berbagai jenis buah dan sayur, seperti jeruk, stroberi, cabai, brokoli, dan kentang.

4.Sedia Mantel atau Payung Ketika Berpergian

Ilustrasi mengenakan payung (Sumber:www.odditycentral.com)

Peribahasa sedia payung sebelum hujan tentunya berlaku disini, kita harus siap siaga membawa payung ketika hendak berpergian untuk mengantisipasi kehadiran hujan yang bisa saja datang seketika. Dan untuk para pengendara motor, ada baiknya menyiapkan mantel atau jas hujan sebelum berpergian guna terlindung dari hujan yang mengguyur tubuh.

Agar beraktivitas dengan lancar, tentunya dibutuhkan dukungan dari kondisi tubuh yang sehat dan bugar. Maka dari itu, kiat-kiat di atas dapat diterapkan guna menghindari penyakit yang akan mengganggu kegiatan anda.

Reporter : Anwar Afudy

Editor : Dinda Nadya

BAGIKAN
Berita sebelumyaSelamat! Pencak Silat Resmi Diakui UNESCO
Berita berikutnyaSampah yang Disulap Menjadi Barang Bermanfaat
LPMSE atau Lembaga Pers Mahasiswa Suara Ekonomi merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang lahir sejak 1986 di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Pancasila Jakarta. Produk LPMSE : Majalah, Buletin, Koran, Tabloid, Lembar Pemberitahuan, Mading, MyCampus, dan lainnya dan kini Majalah Online di www.suaraekonomi.com

LEAVE A REPLY