Jakarta – Suara Ekonomi

Bandung merupakan salah satu kota wisata yang terkenal memiliki daya tarik sendiri. Kota Kembang ini menawarkan pemandangan alam yang sejuk, dingin sehingga dapat menarik perhatian wisatawan. Selain alamnya, kota dengan julukan Paris Van Java ini juga menawarkan berbagai macam kuliner khasnya.

Beragam kuliner khas dari kota ini pun sebenarnya dapat dijumpai di berbagai daerah. Namun, tak ada salahnya bila menikmati kuliner di daerah asalnya. Apalagi ketika disantap kala cuaca dingin, dijamin kuliner ini akan menggugah selera saat berkunjung.

Berikut ini adalah kuliner khas yang wajib dicoba saat berkunjung ke Bandung:

1.Batagor

Kuliner Batagor Khas Bandung. ( Sumber: idntimes.com )

Jajanan khas sunda ini cocok disantap pada sore atau malam hari buat ganjal perut lapar. Singkatan dari bakso tahu goreng merupakan makanan ciri khas jajanan dari kota Bandung. Jajanan ini sangat diminati oleh para wisatawan lokal maupun asing. Tak heran jika batagor ini diburu oleh para wisatawan. Selain itu, rasa yang dimiliki pada kuliner ini sangat lah gurih dan renyah. Batagor sendiri di banderol dengan harga murah, yaitu kisaran Rp5.000/porsi.

2.Baso Cuanki Serayu

Kuliner Bakso Cuanki Serayu Khas Bandung. ( Sumber: jejakpiknik.com )

Baso cuanki serayu merupakan salah satu makanan terpopuler dan legendaris di Bandung. Nama cuanki adalah sebuah singkatan dari cari uang jalan kaki. Makanan ini disajikan dalam bentuk mangkok sedang dengan isian bakso rebus dan goreng, tahu aci, siomay, serta pangsit goreng serta rebus. Jajanan khas Bandung ini di banderol dari harga Rp12.000 dengan porsi sedang. Tak heran jika wisatawan rela berebutan untuk menunggu. Sebab, bakso cuanki sangat diminati oleh para wisatawan dari berbagai kota.

3.Seblak

Kuliner Seblak khas bandung. ( Sumber: food.detik.com )

Seblak juga merupakan makanan khas Bandung yang tak kalah populer dengan makanan sebelumnya. Makanan ini populer di kalangan remaja dan menjadi incaran oleh wisatawan dari berbagai kota. Jajanan ini dimasak dengan bahan-bahan sehat, yaitu sayur-sayuran, telur, ayam, boga bahari, sosis dan olahan daging. Seblak disajikan dengan rasa gurih, sedang, dan pedas, sehingga kita dapat memesan sesuai selera. Harga seblak sendiri tak perlu merogoh gocek dalam, hanya kisaran Rp6.000 saja. Karena itu, tak sedikit wisatawan memburu jajanan ini untuk dijadikan sebagai makan pengganjal perut lapar.

4.Nasi Bistik Astana Anyar

Kuliner Nasi Bistik Astana Anyar Khas Bandung. ( Sumber: pergikuliner.com )

Nasi Bistik Astana Anyar merupakan salah satu kuliner legendaris di kota Bandung. Bertempat di Jl. Astana Anyar, warung makan ini buka pada pukul 17.00-24.00. Nasi Bistik Astana Anyar disajikan secara sederhana dengan tambahan daging yang garing dan renyah. Selain itu, bistik ini disajikan dengan sayur-sayuran dan bumbu rempahnya yang khas.

Lalu, warung makan ini juga menyajikan berbagai menu, di antaranya Nasi Goreng Bistik, Mie Goreng, Kwetiau Goreng, hingga Bihun Goreng. Oleh karenanya, para wisatawan dapat memilih makanan yang diinginkan juga sesuai selera. Harga seporsi dari makan ini tidaklah mahal, cukup mengeluarkan dana sekitar Rp19.000.

5.Rujak Cireng

Kuliner Rujak Cireng Khas Bandung. ( Sumber: travel.tribunnews.com )

Cireng adalah singkatan dari aci yang digoreng. Lantaran, jajanan khas kota ini berbahan dasar aci atau tepung kanji. Jajanan ini memiliki bentuk yang unik, sehingga dapat dijadikan cemilan atau oleh-oleh. Selain itu, cireng memiliki citra rasa yang gurih, renyah, dan kenyal. Lalu, cireng juga memiliki varian rasa, seperti pedas hingga manis. Tak heran, jika penduduk lokal dan wisatawan akan membeli jajanan khas satu ini.

Inilah rekomendasi kuliner khas yang wajib dicoba ketika bepergian ke Kota Bandung. Kurang pas rasanya, jika mengunjungi Bandung tidak mencicipi makanan khasnya. Dari semua kuliner khas di atas, mana saja kah yang dijadikan makanan favorit anda? Selamat mencoba!

Reporter: Muhammad Taufiq

Editor: Farah Meirizka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here