Catat! Empat Manfaat Puasa Bagi Tubuh

0
281

Jakarta – Suara Ekonomi

Memasuki bulan Ramadhan, seluruh umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Jemaah Muslim diharuskan untuk menahan diri dari makan, minum dan segala hal – hal buruk yang dapat membatalkan puasa.

Sebagian besar masyarakat hanya menilai puasa sebagai kewajiban agama. Terlepas dari hal itu, ternyata puasa memiliki banyak manfaat. Berikut adalah keuntungan yang bisa didapatkan pada bulan Ramadhan ini:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan.

Puasa merupakan salah satu cara yang ampuh untuk menurunkan berat badan. Puasa adalah proses diet yang alami tanpa ada efek samping sehingga aman untuk tubuh. Tidak adanya asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh selama kurang lebih 13 jam membuat lemak yang terdapat di tubuh menjadi terbuang. Dengan berkurangnya lemak, maka dapat memberikan peluang untuk memiliki tubuh ideal sesuai dengan yang diinginkan.

2. Mengistirahatkan Sistem Pencernaan

Tubuh biasanya mencerna makanan selama seharian penuh. Saat bulan puasa umat muslim menahan diri dari makan dan minum, sehingga sistem pencernaan dapat beristirahat. Saat beristirahat itulah, energi yang ada di tubuh menjadi lebih terarah. Untuk memproses makanan dibutuhkan waktu selama 18 jam agar dapat dicerna. Oleh sebab itu, puasa bagus untuk sistem pencernaan.

Mengistirahatkan sistem pencernaan dan Membuang racun dalam tubuh.

3. Membuang Racun dalam Tubuh

Makanan yang dikonsumsi setiap hari mengandung berbagai macam zat yang bisa menjadi racun di dalam tubuh. Biasanya racun tersebut tersimpan di dalam lemak tubuh kita. Dengan melakukan olahraga saja tidak dapat membuang semua racun yang ada di dalam tubuh. Sehingga diperlukan untuk melakukan puasa, karena dengan berpuasa membuat lemak yang ada di dalam tubuh menjadi terbuang.

4. Membuat Hati dan Pikiran Menjadi Lebih Tenang

Membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang.

Bulan Ramadhan ternyata dapat menghasilkan perubahan positif dalam otak. Nyatanya puasa dapat menghambat efek emosional, lantaran menahan emosi merupakan salah satu ketentuan dalam puasa. Bagi yang menginginkan sebuah perubahan hidup ke arah yang positif, maka tidak ada salahnya untuk menjadikan bulan puasa ini sebagai proses untuk mendetoks pikiran. Bukan hanya akan memberi rasa nyaman, namun proses ini akan membuat kamu masuk kedalam tahap ketenangan pikiran yang lebih baik dari sebelumnya.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan apabila melaksanakan puasa. Dilihat dari semua manfaat tersebut, seharusnya dapat membuat kita menjadi lebih bersemangat untuk menjalankan ibadah puasa.

Reporter: Annisa Rayhana

Editor: Anita Edenia R

LEAVE A REPLY