Jakarta – Suara Ekonomi

Bagi kalian mahasiswa FEB-UP yang akan menduduki semester 6, pastinya tengah bersiap dalam memilih konsentrasi apa yang ingin di ambil. Tentunya sebelum memilih konsentrasi apa yang akan dipilih, terlebih dahulu mencari tahu konsentrasi apa yang cocok dengan kemampuan dan minat kalian.

Beberapa waktu belakangan, terdapat dua pilihan konsentrasi baru yang dapat dipilih oleh jurusan manajemen. Yaitu konsentrasi Kewirausahaan dan Konsentrasi Bisnis Syariah. Konsentrasi baru tersebut akan mulai berlaku pada angkatan 2017-2018 mendatang. Yang mana sebelumnya mereka hanya memiliki 4 macam konsentrasi. Yaitu Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Operasional.

‚ÄúPertimbangan diadakannya konsentrasi baru tersebut, salah satunya ialah mengikuti permintaan pasar. Dimana bisnis syariah saat ini dapat dikatakan sedang berkembang pesat dan tentunya menjadi peluang yang bagus bagi mahasiswa untuk mendalami bidang tersebut. Dan kewirausahaan juga diadakan salah satunya untuk mendukung visi dan misi kampus yaitu menjadikan Universitas Pancasila sebagai Entrepreneurship University‚ÄĚ ujar bapak Mulyadi, S.E., M.M. selaku Ketua Program Studi Manajemen.

Kaprodi Manajemen, Bapak Mulyadi S.E, M.M

Untuk rencana dan persiapan konsentrasi baru ini sudah ada sejak tahun 2014 lalu. Dimana setiap tahun pun memang selalu dilakukan peninjauan untuk peningkatan kurikulum. Dengan mendatangkan para ahli yang sesuai dengan bidangnya, maupun studi banding yang dilakukan dengan beberapa universitas lain, dapat bermanfaat untuk mengetahui perkembangan akademik saat ini.

Walaupun masa pengambilan konsentrasi untuk angkatan 2017-208 masih sekitar 1,5 tahun lagi, dosen pengajar untuk konsentrasi baru ini pun telah dipersiapkan sejak dini, baik dari dalam universitas maupun mengambil tenaga ahli dari luar.

Sosialisasi untuk konsentrasi baru ini pun sudah sering disampaikan kepada mahasiswa khususnya angkatan 2017-2018 dan seterusnya, seperti saat Pengenalan Kehidupan Kampus untuk Mahasiswa Baru (PKKMB), saat pengenalan Prodi, dan juga melalui buku Panduan Akademik yang sudah dibagikan kepada seluruh Mahasiswa. Sosialisasi juga seringkali dilakukan melalui dosen-dosen pengajar dimana biasanya akan disampaikan di sela-sela pengajaran mata kuliah.

Berikut daftar mata kuliah pilihan yang dapat diambil dalam konsentrasi Kewirausahaan dan Bisnis Syariah:

Reporter: Anita Ps

Editor: Tri Agustina