Mulai Hidup Lebih Asyik Dan Dahsyat Melalui Buku “You Are A Badass”

0
672

Jakarta – Suara Ekonomi

Ada kalanya seseorang merasa kurang percaya diri dan meragukan kemampuan yang dimilikinya. Seringkali mengabaikan hal-hal yang sebenarnya ingin dilakukan, hanya karena mendengarkan pendapat orang lain. Dan tentunya hal ini menjadi hambatan atau rintangan dalam menggapai cita-cita.

Buku You Are A Badass karya Jen Sincero mengandung motivasi dan petunjuk dalam menemukan passion mu. Salah satu bagian penting yang disampaikan pengarang dalam buku ini, yaitu sejumlah tips yang dapat membangun rasa percaya diri seseorang. Beberapa diantaranya adalah:

  • Bebaskan diri dari pikiran negatif

Pikiran negatif merupakan penghalang utama dalam menggapai cita-cita. Jangan biarkan pendapat atau pikiran negatif menguasai kita. “Kau bertanggung jawab atas apa yang kau lakukan dan kau katakan. Kau tidak bertanggung jawab atas reaksi orang-orang terhadap perbuatan dan tindakanmu.”

  • Pikirkan ingin menjadi orang yang seperti apakah kamu, dan jangan biarkan seorang pun menghentikanmu

Sewaktu kecil, kita punya banyak mimpi dan berani melakukan apapun yang kita inginkan. Saat bertumbuh dewasa, kita mulai berhenti mendengarkan kata hati. Kita lebih banyak melakukan apa yang orang lain katakan. Kita melemahkan intuisi kita. Jadi, jika kamu ingin mimpimu menjadi kenyataan, kamu perlu mengasah intuisi serta mengembangkan ide-idemu. Pikirkan tentang bagaimana kamu ingin menjalani hidup, dan apa saja hal yang benar-benar menarik dan baik untuk kamu.

  • Tumbuhkan keinginan untuk belajar, tanamkan rasa syukur, dan mau memaafkan

Waktu kita di dunia ini terbatas, jadi sepantasnya kita memanfaatkan waktu tersebut dengan sebaik mungkin. Ada tiga hal yang bisa kita lakukan untuk menghargai setiap hari dengan lebih baik, antara lain ubah sikap kita dalam menghadapi tantangan pekerjaan, tunjukkan rasa syukur dan nikmatilah hidup. Terakhir, belajarlah memaafkan orang lain dan diri sendiri atas kesalahan atau kegagalan di masa lalu. Memaafkan membantu kita untuk move on dan melangkah lebih maju.

  • Jangan remehkan kekuatan pikiran

Dalam kehidupan modern yang kita jalani, pikiran kita sering kali terlalu fokus pada aktivitas atau pekerjaan yang kita lakoni. Kita jarang meluangkan waktu untuk memikirkan hal-hal di luar pekerjaan, apalagi mengembangkan ide untuk menggapai mimpi yang kita cita-citakan. Padahal, pikiran kita memiliki kekuatan dan bisa menuntun kita pada kehidupan yang kita dambakan.

  • Jangan menunda, membuat alasan, atau merasa ragu

Jangan pernah menunda hal yang ingin dan bisa kita kerjakan. Ketika menunda, tanpa sadar kita membiarkan rasa ragu dan takut akan gagal memasuki pikiran kita, dan menghambat keputusan kita untuk meraih hal yang kita inginkan. Untuk mengatasi keraguan, alasan, dan pikiran-pikiran negatif, kita perlu meyakinkan kembali diri kita pada apa yang menjadi tujuan kita.

  • Fokus pada semua aspek kehidupan

Dalam buku ini, menyebutkan banyak orang yang sebenarnya berbakat tidak memiliki kehidupan yang ia dambakan karena cepat menyerah. Ia mencontohkan tokoh-tokoh yang pernah gagal tapi pantang menyerah, yang kini sukses meraih mimpi mereka. Michael Jordan dikeluarkan dari tim basket SMA-nya, dan sutradara Steven Spielberg mengalami tiga kali penolakan dari sekolah film.

Salah satu bagian yang ada pada buku “You Are A Badass”

Siapapun pasti pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya. Yang membedakan mereka yang sukses dengan yang gagal adalah keinginannya untuk bangkit. Orang yang ingin sukses memilih untuk belajar dari kegagalan dan mendorong diri mereka lebih gigih memperjuangkan cita-cita.

Buku ini menganjurkan kita untuk mengelilingi diri kita dengan orang-orang positif atau memiliki passion yang sama. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan dukungan serta terpacu untuk berkembang.

Kelebihan buku yang merupakan #1 New York Times Best Seller ini, yaitu cover buku yang cukup menarik, dan menggunakan gaya bahasa yang ringan sehingga mudah dipahami. Sedangkan kekurangannya ada pada tata letak isi buku yang kurang menarik, sehingga pembaca cepat bosan. Cara penyampaian motivasi juga tidak dijelaskan secara langsung melainkan melalui perjalanan hidup berbagai tokoh. Selain itu, karena merupakan buku terjemahan, beberapa kalimat dalam buku ini tidak sesuai dengan kaidah bahasa indonesia.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, buku ini cocok untuk orang-orang yang sedang kesulitan dalam mencari jati diri. You Are A Badass mengajak kita membuat perubahan demi mengatasi rintangan dan memperjuangkan cita-cita. Seperti salah satu kutipan dalam buku ini, “Salah satu hal terbaik yang dapat kau lakukan untuk memperbaiki dunia adalah memperbaiki dirimu sendiri”.

Cover belakang buku “You Are A Badass”

Identitas Buku

Judul Buku                  :   You Are A Badass

Jenis Buku                   :   Buku Motivasi Diri

Pengarang                   :   Jen Sincero

Penerbit                       :   BACA (PT Bentara Aksara Cahaya)

Tahun Terbit                :   2017

Cetakan ke-                 :   1 (pertama)

Jumlah Halaman          :   254 halaman

Reporter: Risthania Aguspar

Editor: Anita Permata S

LEAVE A REPLY