Olahraga Ringan Yang Menstabilkan Berat Badan

0
78

Jakarta – Suara Ekonomi

Agar tubuh tetap sehat dan bugar, banyak aspek yang harus diperhatikan. Seperti menjaga pola makan, tidur yang cukup, dan pastinya diiringi olahraga. Banyak orang beranggapan bahwa olahraga merupakan sebuah aktivitas fisik yang berat dan sulit untuk dilakukan. Tetapi ternyata ada juga olahraga yang sifatnya ringan dan mudah dilakukan lho.

Faktor terbesar penyebab pertambahan berat badan yakni konsumsi makan yang berlebih. Sehingga jumlah kalori yang masuk lebih banyak daripada kalori yang dibakar oleh tubuh saat beraktivitas. Terutama jika sering mengkonsumsi makanan cepat saji, berat badan pun akan lebih cepat naik.

Untuk mengimbangi jumlah kalori dalam tubuh harus dengan olahraga yang cukup setiap harinya. Anggapan mengenai sulitnya melakukan aktivitas fisik berat saat berolahraga harus dihilangkan. Karena ada juga jenis olahraga yang mudah dan dapat dilakukan sambil bersantai tanpa mengganggu aktivitas anda. Berikut olahraga ringan yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan dan menjaga kestabilan bobot tubuh anda.

1. Lompat Tali

Lompat tali sangat mudah untuk dilakukan dimana saja dan kapan saja. Olahraga ini sangat efektif membakar kalori dan bisa menstabilkan berat badan dengan baik. Dengan kata lain, lompat tali sangat cocok untuk menurunkan berat badan bagi anda yang memiliki berat badan yang berlebih.

2. Bersepeda

Bersepeda menjadi pilihan tepat bagi anda yang senang bersantai dan menikmati sejuknya udara pagi hari. Bersepeda akan membuat tubuh bergerak dan aktif, sehingga bisa membakar banyak kalori. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu, agar berat badan ideal bisa segera didapatkan.

3. Joging

Ini merupakan olahraga paling sederhana yang sering menjadi pilihan banyak orang. Joging memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh dan efektif dalam menstabilkan berat badan. Lakukan 3 kali dalam seminggu dengan durasi 30-60 menit.

4. Yoga

Olahraga yang sangat sederhana ini juga efektif menurunkan dan menstabilkan berat badan. Meski memiliki gerakan yang lambat, yoga terbukti ampuh dalam membakar kalori dalam jumlah yang banyak.

5. Aerobik

Olahraga yang digemari kaum hawa ini telah dikenal sejak lama dan masih sangat diminati hingga kini. Gerakan senam aerobik yang lincah mampu mengeluarkan banyak keringat. Dengan begitu proses pembakaran kalori dapat berlangsung dengan maksimal.

6. Berenang

Selain bisa dijadikan hobi, berenang tentunya dapat membantu membakar banyak kalori. Olahraga ini cocok bagi anda yang ingin memperindah bentuk tubuh, karena dengan berenang, otot-otot tubuh akan terbentuk. Seperti otot punggung, paha, lengan, dan dada.

Lakukanlah olahraga rutin sesuai kebutuhan dan juga kemampuan anda. Selain olah tubuh yang sifatnya ringan, bisa juga mencoba jenis yang lebih berat. Contohnya dengan pergi ke gym atau menekuni kickboxing. Dua jenis olahraga tersebut dapat membakar kalori dengan jumlah yang lebih banyak dalam waktu cepat.

Dengan berolahraga secara teratur dapat mewujudkan tubuh yang lebih sehat dan ideal. Jangan lupa imbangi dengan pola hidup yang baik. Seperti mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, menghindari stres, mengurangi kebiasaan begadang, dan pastinya istirahat yang cukup.

Reporter: Etika Fitriastuti

Editor: Anita Permata S

LEAVE A REPLY