Resensi Buku: Bergeraklah Mahasiswa

0
932

Jakarta – Suara Ekonomi

Mahasiswa memang seharusnya menjadi mitra kritis dan berada di barisan terdepan untuk memperjuangkan ketidakadilan. Namun, belakangan ini para mahasiswa justru lesu dan tertunduk selayaknya tahanan. Hal inilah yang kemudian diulas dalam buku “Bergeraklah Mahasiswa” karya Eko Prasetyo.

Buku ini padat akan kritik dan menceritakan mengenai beberapa dinamika kampus. Mulai dari tuntutan kuliah yang tidak rasional, aturan yang ketat, kebebasan akademik yang seringkali terancam, kebijakan – kebijakan tidak bersahabat, pemangkasan masa studi, beban jam kuliah padat, serta prospek kerja yang suram.

Tidak hanya itu, “Bergeraklah Mahasiswa” juga membahas tentang dilema yang dialami oleh mahasiswa. Salah satunya kesempatan berkarir mapan dengan harapan menemukan petualangan baru. Sedangkan di sisi lain, terdapat restrukturisasi aturan kampus agar tidak membiarkan mahasiswa berada dalam ruang mimpinya.

Buku karya Eko Prasetyo layak dibaca oleh seluruh mahasiswa. Sebab, bagian selanjutnya membahas nilai-nilai logika yang muncul di kalangan akademisi. Saat ini banyak orang menilai bahwa ukuran keberhasilan kerap dialamatkan pada nilai kumulatif yang tinggi. Padahal tak semua nilai tinggi punya hasil yang diimpikan. Hal lain yang justru banyak memberi arti adalah petualangan yang bersentuhan dengan persoalan-persoalan sosial.

Pembaca juga diajak untuk mengetahui luasnya persoalan yang akan dihadapi di masa yang akan datang. Mahasiswa harus giat berhimpun, berorganisasi, serta berdiskusi agar tidak buta gagasan. Inilah sejatinya mahasiswa sebagai agent of change. Melalui organisasilah mahasiswa memiliki arti sesungguhnya.

Kaya akan pengalaman dan imajinasi, bahasa yang riang gembira, progresif, dan banyak kata-kata puitis, sehingga tidak bosan untuk dibaca menjadi kelebihan buku ini. Akan tetapi, pembaca perlu mengambil waktu lebih untuk memahami kalimatnya. Perihal ini dikarenakan banyaknya bahasa kiasan yang digunakan.

Berikut informasi terkait dari buku Bergeraklah Mahasiswa

Judul: Bergeraklah Mahasiswa

Penulis: Eko Prasetyo

Tahun Terbit: Agustus 2017

Ukuran: 15cm x 24cm

Halaman: 146

Reporter: Reyhan Candela

Editor: Anita Edenia R

LEAVE A REPLY