Stadion Papua Bangkit Siap untuk PON 2020

0
198

Jakarta – Suara Ekonomi

Menjelang PON 2020, Stadion Papua Bangkit sudah mulai dikerjakan pada akhir tahun 2016. Sejumlah fasilitas sarana dan prasarana hampir selesai dibangun dengan menghabiskan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp.1,3 triliun. Stadion ini merupakan salah satu yang termegah di kawasan Indonesia Timur.

Proses pembangunan Stadion Utama Papua Bangkit. (Sumber: Instagram Stadion Papua Bangkit)

Stadion tersebut dibangun dengan standar internasional. Yakni dari segi lapangan, rumput, lampu, serta lintasan atletik. Selain itu, Stadion ini juga mampu menampung sekitar 40.000 penonton. Dengan latar belakang Pegunungan Cycloop di utara dan Danau Sentai di Selatan, membuat stadion Papua Bangkit memiliki pemandangan yang indah. “Stadion Papua Bangkit tak hanya akan menjadi kebanggaan masyarakat, melainkan akan membuka akses pembangunan di wilayah timur Indonesia. Stadion yang dibangun di Jayapura, Papua tersebut akan dijadikan sebagai arena pembukaan serta penutupan pesta olahraga akbar nasional tersebut,” Ucap Muhadjir Effendy selaku Menteri Koordinator Pembangunan Manusia yang dikutip dari laman Kemenko PMK.

Berikut merupakan cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Diantaranya, yaitu Aerosport, Akuatik, Anggar, Angkat Besi atau Binaraga, Atletik, Baseball atau Softball, Bermotor, Biliar, Bola Basket, Bola Tangan, Bola Voli, Bulutangkis, Catur, Cricket, Dayung, Gulat, Hoki, Judo, Karate, Kempo, Layar, Menembak, Muaythai, Panahan, Panjat Tebing, Pencak Silat, Rugby Seven, Selam, Senam, Sepak bola dan Futsal, Sepak Takraw, Sepatu Roda, Taekwondo, Tarung Derajat, Tennis, Tinju, serta Wushu.

Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) 2020, Papua juga secara resmi memperkenalkan maskot acara PON  ke-20 tersebut. Yakni, Drawa yang merupakan burung khas asli Papua, yaitu cenderawasih. Lalu, Kangpho yang merupakan kependekan dari nama hewan kanguru pohon.

Maskot PON ke-20, yaitu Drawa dan Kangpho. (Sumber: jawapos.com)

Presiden Joko Widodo pada tanggal 17 Januari 2020, menandatangani Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1/2020 tentang percepatan dukungan penyelenggaraan PON 2020 dan Pekan Paralimpik Nasional XVI/2020 di Papua. Presiden juga mengapresiasi pembangunan Istora Papua Bangkit untuk persiapan PON 2020. Dan berharap dengan terbangunnya stadion tersebut,  grup sepak bola Papua dapat meningkatkan kemampuannya dalam sebuah kompetisi. Sementara itu, Gubernur Papua  Lukas Enembe mengatakan daerahnya akan difokuskan untuk meraih prestasi dalam cabang olahraga sepak bola dan atletik. Gubernur Papua itu pun berharap, Stadion Papua Bangkit dapat diresmikan secara langsung oleh Presiden.

Kapolri Jenderal Idham Aziz mengungkapkan bahwa, polisi telah membentuk satuan tugas (satgas) untuk mengamankan event PON XX. Polisi juga didukung oleh TNI dalam pengamanan PON XX. Agar event PON XX nantinya dapat berjalan dengan lancar, aman, dan damai.

Reporter : Rahmaniar Ramadhani

Editor : Mutiyas Palupi

BAGIKAN
Berita sebelumyaGenre Musik Favorit Kaum Milenial
Berita berikutnyaMengkaji “Omnibus Law” terhadap Reformasi Perpajakan
LPMSE atau Lembaga Pers Mahasiswa Suara Ekonomi merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang lahir sejak 1986 di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Pancasila Jakarta. Produk LPMSE : Majalah, Buletin, Koran, Tabloid, Lembar Pemberitahuan, Mading, MyCampus, dan lainnya dan kini Majalah Online di www.suaraekonomi.com

LEAVE A REPLY