Tetap Sehat saat Self Quarantine

0
22

Jakarta – Suara Ekonomi

Semenjak penyebaran virus corona meningkat drastis, pemerintah menghimbau kita semua untuk berdiam diri di rumah. Hal tersebut dilakukan sebagai tindakan pencegahan penyebaran  virus tersebut. Agar Anda tidak jenuh selama self quarantine, ada baiknya kita melakukan kegiatan produktif dan menyehatkan.

Yuk simak! Berikut olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Naik Turun Tangga

Olahraga naik turun tangga (Sumber: Liputan6.com)

Mungkin bagi Anda, naik turun tangga adalah hal yang biasa dilakukan. Namun, ternyata naik turun tangga juga bisa dijadikan sebagai olahraga.

Gerakan naik turun tangga dapat Anda lakukan dengan berjalan atau berlari. Hal ini bisa pula dilakukan untuk program diet. Kegiatan naik-turun tangga dapat bermanfaat untuk menghasilkan keringat. Naik-turun tangga dengan cepat juga terbukti efektif  membakar kalori serta memperkuat otot kaki dan betis. Namun, tetap harus berhati-hati dan selalu perhatikan anak tangga.

2. Skipping

Olahraga skipping. (Sumber: Review.bukalapak.com)

Olahraga lompat tali atau yang biasa disebut skipping ini adalah gerakan yang dilakukan menggunakan sebuah tali. Lompat tali memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh. Diantaranya, mampu menurunkan berat badan karena hal ini dapat membakar lemak dengan sangat cepat. Dalam gerakan ini juga dapat meningkatkan tinggi badan pada tubuh (untuk anak-anak usia pertumbuhan). Gerakan ini mengatur kaki dalam kecepatan melompat dengan ketangkasan tangan yang mengayunkan tali. Maka, gerakan ini dapat membuat tubuh menjadi lentur dan meningkatkan konsentrasi untuk menjaga keseimbangan tubuh. Waktu yang efektif untuk melakukan olahraga ini biasanya selama 30 menit.

3. Hula Hoop

Olahraga hula hoop. (Sumber: merdeka.com)

Olahraga ini terbilang cukup sederhana, tetapi cukup sulit untuk dilakukan. Tidak semua orang dapat memainkan hula hoop. Untuk dapat memainkan hula hoop yang baik, Anda bisa melakukan latihan secara terus menerus. Olahraga ini terbilang cukup ringan dan bisa Anda lakukan di mana saja. Hal yang dibutuhkan hanya satu ring ukuran besar yang biasanya terbuat dari bambu. Selain itu, hula hoop juga sangat efektif dalam membakar kalori, terutama untuk merampingkan perut. Untuk menggunakan hula hoop juga tidak membutuhkan area yang sangat luas. Anda bisa melakukan ini di halaman rumah atau ruangan yang sekiranya cukup lebar dan leluasa.

4. Senam Aerobik

Olahraga senam aerobik. (Sumber: kusniyati09.blogspot.com)

Bagi Anda yang suka melakukan olahraga, mungkin senam aerobik bukan lagi sebuah hal yang baru. Senam ini biasanya dilakukan secara bersama-sama dengan seorang pemandu yang berdiri di depan. Untuk mempermudah, olahraga ini juga dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Cukup dengan bantuan media elektronik atau memutar kaset berupa video untuk memandu Anda. Gerakan senam aerobik ini dapat dilakukan semua kalangan dan jenis umur. Senam aerobik tidak hanya membuat tubuh bugar, namun secara psikis juga membuat Anda lebih bahagia.

6. Senam Lantai

 Olahraga senam lantai. (Sumber: sehatq.com)

Sesuai dengan namanya, tentunya olahraga yang satu ini harus dilakukan di lantai. Olahraga ini bisa dilakukan sendiri tanpa pemandu. Untuk melakukan senam lantai ada beberapa gerakan yang harus diperhatikan. Di antaranya adalah gerakan melakukan headstand, rol belakang, rol depan, sikap lilin, kayang dan ada banyak lagi gerakan lainnya. Gerakan senam lantai memerlukan keseimbangan dan konsentrasi. Hal tersebut dikarenakan, dalam melakukan kegiatan senam lantai semua bagian tubuh melakukan gerakan. Seperti berjalan, melompat, jongkok, memutar, berguling dan lain sebagainya. Sehingga dalam gerakan ini, selain konsentrasi dan kesimbangan tubuh, juga dibutuhkan ketangkasan, keluwesan dan kelenturan. Dalam melakukan gerakan ini, Anda dapat menggunakan matras  sebagai alas untuk melakukan senam lantai. Jika Anda belum pernah melakukan senam lantai sama sekali sebelumnya, sebaiknya meminta bantuan kepada ahlinya. Hal ini dilakukan untuk menghindari cedera pada tubuh saat melakukan gerakan tersebut. Selain itu, untuk melakukan tiap gerakan biasanya dapat dilihat hanya dari berupa foto atau video.

Nah, dari beberapa olahraga yang sudah direkomendasikan, Anda dapat mencobanya sendiri di rumah. Self quarantine akan terasa lebih bermanfaat dan produktif apabila disertai dengan olahraga. Jangan lupa juga untuk selalu mencuci tangan walaupun Anda berada di dalam rumah.

Reporter : Melia Gustyandraini

Editor : Dinda Nadya

LEAVE A REPLY