Jakarta – Suara Ekonomi

The Perfect Muslimah merupakan sebuah karangan non fiksi karya Ahmad Rifa’i Rif’an. Buku ini mengulas rahasia – rahasia untuk menjadi seorang pribadi muslimah yang sempurna. Seperti mempunyai akhlak yang indah, paras yang teduh, menguasai ilmu agama, aurat yang terjaga, dan masih banyak lagi.

Profil Penulis Buku The Perfect Muslimah.

Buku ini terbagi menjadi 6 bagian dan setiap komponen berisi nilai – nilai penting bagi para pembaca. Berikut ulasannya:

Bagian pertama: Brilian otaknya

Bagian ini membahas mengenai mengasah akal hingga kecerdasan yang justru meminta untuk dilekatkan di otak. Dalam buku ini, ternyata prestasi baru bisa diraih ketika kita benar-benar mencintai apa yang kita tekuni. Anak-anak muda yang masa mudanya dipenuhi oleh prestasi adalah mereka yang selalu mempunyai ketertarikan untuk mencoba peluang hebat yang hadir di depannya.

Selain itu, buku The Perfect Muslimah juga memberikan penjelasan tentang luasnya pengetahuan, pemahaman, cara pandang, dan wawasan sangat dipengaruhu oleh kecintaan terhadap berbagai macam bacaan. Ketika kita sudah menikmati proses belajar, maka menuntut ilmu akan seperti bermain.

Bagian kedua: Suci Cintanya

Pada bagian ini, dijelaskan bagaimana sebaiknya seorang muslimah bersikap menghadapi cinta sebelum halal atau menikah. Menanti jodoh, rezeki, kematian, bukan dengan diam pasrah menunggu. Nantilah dengan berperilaku yang baik, berprasangka yang baik, dan memohon yang baik. Tuhan hanya menjodohkan dengan orang yang tepat baginya.

Bagian ketiga: Luas Pengaruhnya

Dalam bagian ini mengungkapkan suatu impian. Hampir semua manusia yang dapat bertahan di dunia ini tak lepas dari angan – angan yang ada dalam pikirannya. Impian besar itu yang telah mengalahkan kesenangan dan kebahagiaan dirinya.

Pada bagian ketiga ini, terdapat kisah inspiratif muslimah yang bingung antara karier yang cerah atau menjadi ibu rumah tangga yang hebat. Ada sekelompok orang yang merelakan hidupnya hanya terabai dalam lembar sejarah, tapi ada pula yang menoreh prestasi dan kontribusi besar sehingga dunia merasakan kemanfaatannya. Ada yang hidupnya hanya numpang lewat, ada pula yang berlomba-lomba menebar manfaat.

Bagian keempat: Indah Akhlaknya

Bagian ini mengungkapkan anak muda harus mampu menjaga jiwa dan raganya dari tindakan yang tidak diridhoi oleh Tuhan-Nya. Buku ini pun menjelaskan pola hidup yang makin modern ternyata memupuk banyak anak muda menjadi generasi yang tidak mandiri.

Selain itu, dijelaskan mengenai seburuk dan sesulit apapun peristiwa yang menimpa, pasti menyimpan sisi hikmah yang luar biasa besar jika kejadian itu direnungkan dan ditafakuri. Kejujuran adalah bagian yang utama, junur pada diri, sesama umat, serta Tuhan-Nya. Itulah yang membuat hati menjadi bahagia.

Bagian kelima : Teduh Parasnya

Bagian ini mengungkapkan jangan sampai menyibukkan diri dengan mempercantik paras lantas lupa untuk memperbaiki akhlak. Dalam buku ini pun dijelaskan, ketika kecantikan menjadi fitnah maka Allah terkadang menjadikan kecantikan sebagai ujian. Seindah-indahnya wajah, tak akan pernah mengalahkan keindahan yang hadir dalam jiwa.

Bagian keenam: Teguh Imannya

Bagian ini menjelaskan bahwasannya manusia adalah layaknya berlian yang tersembunyi. Seperti orang yang namanya tak begitu dikenal oleh penduduk bumi, tapi sangat diagungkan oleh penduduk langit. Dikenal sebagai manusia biasa di hadapan sesama, tapi begitu mulia di depan Tuhannya.

Sesorang yang mengimani Tuhan mempunyai peluang lebih besar untuk bertahan di tengah guncangan. Sebagai seorang muslim, sudah selayaknya lebih mementingkan penilaian Allah atas dirinya dibanding penilaian manusia.

Cover Belakang Buku The Perfect Muslimah.

Selanjutnya, berikut informasi lain mengenai buku The Perfect Muslimah:

Kelebihan:

  • Buku ini merupakan buku motivasi bagi para muslimah yang ingin memperbaiki diri
  • Penuh dengan kisah – kisah nyata yang inspiratif
  • Banyak tulisan – tulisan penting yang dibingkai, sehingga membuat pembaca mudah untuk mengingat

Kekurangan:

  • Cover buku terlalu tipis, sehingga mudah rusak
  • Terlalu banyak halaman yang memuat testimoni karya penulis lain

Penulis: Ahmad Rifa’i Rif’an

Penerbit: PT. Elex Media Komputindo

Tahun terbit: cetakan ke 13 Agustus 2016

Tebal: 291 halaman

Reporter: Mutiyas Palupi

Editor: Anita Edenia R

LEAVE A REPLY