5 Kuliner Khas Yogyakarta

0
135

Jakarta – Suara Ekonomi

Jogja rupanya bukan hanya terkenal dengan keindahan alam yang menakjubkan. Namun, kota pelajar yang satu ini juga sangat populer dengan kuliner- kuliner khas. Terkenal sejak dulu hingga saat ini, kuliner khas Jogja dapat memanjakan lidahmu.

Salah satunya adalah kuliner tradisional Jogja, yang menjadi santapan andalan bagi masyarakat Jogja. Makanan tradisional Jogja adalah kuliner paling digemari pengunjung Jogja, baik domestik maupun mancanegara. Kuliner Jogja sendiri terkenal dengan cita rasa yang manis serta lezat. Maka, tidak heran jika makanan khas Jogja menjadi incaran para wisatawan. Berikut kuliner khas jogja yang banyak diminati oleh pengunjung:

1. Gudeg

Gudeg (Sumber: https://www.traveloka.com)

Gudeg adalah makanan khas jogja yang banyak diminati oleh wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Cita rasa yang unik dan mempunyai daya tarik tersendiri membuat masyarakat ingin membelinya. Gudeg memiliki tiga jenis, yaitu Gudeg Basah, Gudeg Manggar dan Gudeg Kering. Bagi anda yang ingin membawa gudeg sebagai oleh-oleh, Gudeg Kering adalah pilihannya. Gudeg kering bisa bertahan lama dalam perjalanan jauh. Agar dapat menikmati makanan khas Jogja yang satu ini, anda tidak perlu bingung. Anda dapat menemukannya dibanyak tempat karena cabang dari Gudeg khas Jogja ini tersebar dimana-mana.

2. Sambal Krecek

Sambal Krecek (Sumber :https://gudegmalioboro.com)

Tidak hanya gudeg, Jogja juga mempunyai makanan khas lain, salah satunya Sambal Krecek. Sambal Krecek merupakan salah satu makanan khas dari Yogyakarta yang disukai oleh banyak orang. Sambal Krecek sendiri memiliki rasa yang tidak kalah enak yaitu pedas dan gurih.

Makanan satu ini biasanya disajikan dengan gudeg. Gudeg cocok dikombinasikan dengan Sambal Krecek, karena rasanya yang manis dapat menambah selera makan

3. Nasi Tiwul

Nasi Tiwul (Sumber :https://www.bagi-in.com)

Nasi Tiwul juga merupakan salah satu makanan khas Jogja yang berasal dari daerah Gunung Kidul. Nasi Tiwul Gunung Kidul ini terbuat dari tepung gaplek, yaitu singkong yang telah dikeringkan. Nasi Tiwul dulunya merupakan makanan pokok masyarakat Gunung Kidul. Makanan ini, dahulu sempat diidentikan dengan sebuah potret kemiskinan di daerah ini. Namun, sekarang mampu menembus batas gengsi seseorang. Nasi Tiwul bukan lagi sekedar makanan pengganti. Sekarang ini, Nasi Tiwul sudah menjadi kuliner yang banyak dicari saat berada di Gunung Kidul.

4. Bakmi Yogyakarta

Bakmi Yogyakarta (Sumber :https://travel.tribunnews.com)

Bakmi Yogyakarta atau Mi Jawa adalah olahan bakmi rebus yang dimasak menggunakan racikan bumbu khas Jawa. Jadi sebenarnya, olahan Mi Jawa bukan hanya bakmi godog atau bakmi yang direbus dan diberi kuah. Akan tetapi, Mi Jawa ini dapat disajikan menjadi mie goreng, dimasak dengan racikan bumbu yang sama. Bakmi jogja mempunyai cita rasa dan daya tarik tersendiri karna namanya yang membuat orang penasaran.

5 .Cenil Yogyakarta

 Cenil Yogyakarta (Sumber :https://beautynesia.id)

Cenil memang sudah ditakdirkan menjadi makanan khas Pulau Jawa. Karena di beberapa daerah yang ada di pulau tersebut memiliki olahan khas dari tepung ini. Namun, tentunya Cenil yang ada di Jawa Tengah dan di Jawa Timur berbeda. Baik dari jenis bumbu maupun rasa dan teksturnya. Oleh karena itu, silahkan anda bandingkan sendiri dengan mencicipi keduanya. Jika anda ingin berkuliner saat belibur ke Jogja, Cenil Jogja cocok untuk anda nikmati.

Jadi, 5 pilihan makanan di atas adalah makanan khas Jogja yang wajib anda coba. Kurang afdal rasanya, jika berkunjung ke Jogja tanpa mencicipi makanan khas daerahnya. Selamat mencoba!

Reporter : Grace Yohana Tobing

Editor : Dinda Nadya

LEAVE A REPLY