Kalian tentu kenal dengan presiden pertama di Republik Indonesia, Soekarno. Sosok proklamator yang sangat berjasa. Dimana ia berhasil membawa bangsa ini berwibawa di mata dunia. Dan membawa Indonesia menjadi Macan Asia. Sehingga beliau sangat terkenal di Asia, bahkan di seluruh dunia.

Soekarno memiliki nama asli Koesno Sosrodihardjo. Soekarno lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Surabaya, Jawa Timur. Beliau menjabat sebagai presiden pertama di Republik Indonesia pada periode 1945 – 1966. Beliau lah yang memiliki peranan penting untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan.

Di balik sosoknya yang tegas dan berwibawa, ternyata ada cerita unik dan menarik mengenai beliau yang belum kita ketahui. Berikut beberapa fakta tentang Soekarno.

masjid-di-rusia
masjid di Rusia
  1. Nama Soekarno Diabadikan Di Sebagian Negara Di Dunia

Nama Soekarno tidak hanya diabadikan di Indonesia. Perlu kalian tahu bahwa, di sebagian negara lain ada juga mengabadikan nama Soekarno sebagai nama jalan, masjid dan lainnya.

Seperti di Rusia, nama presiden pertama Republik Indonesia tersebut diabadikan sebagai nama masjid. Tampaknya Rusia sangat menghormati presiden Republik Indonesia yang satu ini. Hingga mereka menggunakan nama Soekarno sebagai nama masjid.

Masjid Soekarno terletak di St. Petersburg dekat dengan Sungai Neva, sekitar 900 km dari Moskow. Memang letak masjid ini cukup jauh, namun semua akan terbayar saat melihat masjid indah ini.

Selain dijadikan sebagai nama masjid di Rusia, rupanya nama Soekarno juga dijadikan sebagai nama sebuah jalan di Maroko. Dimana jalan Soekarno ini terletak di samping  Post Office Medina Marrakech yang tidak lain merupakan kantor pos terbesar di Maroko. Kantor pos tersebut terletak di pusat kota dekat stasiun kereta Casa Voyager.

nama-jalan-di-maroko

Selain di Maroko dan di Indonesia, ada 2 jalan Soekarno lagi yakni di Pakistan. Dimana 2 jalan tersebut bernama Soekarno Square Khyber Bazar di Peshawar, dan Soekarno Bazar di Lahore.

perangko-bergambar-soekarno

  1. Pemerintah Kuba Menerbitkan Perangko Bergambar Soekarno

Walau diciptakan dalam jumlah terbatas, tetapi perangko Soekarno nyatanya bukan sekedar di buat di Indonesia. Sebagai penghormatan untuk Soekarno pemerintah Kuba menerbitkan perangko dengan gambar Bung Karno dan Presiden Kuba, Fidel Castro pada periode 1976-2008.

Penerbitan perangko tersebut dilakukan pada tanggal 19 Juni 2008. Penerbitan peangko ini mempunyai nilai historis dan patriotik. Dimana penerbitan itu dibuat untuk merayakan ulang tahun Fidel Castro (Presiden Kuba) yang ke – 80. Sekaligus untuk mengenang hubungan diplomatik Indonesia dengan Kuba.

Dan pada saat yang bersamaan pula PT. Pos Indonesia juga menerbitkan perangko yang sama dalam versi Indonesia dengan judul “Kunjungan Presiden Soekarno ke Kuba Tahun 1960.”

cover-majalah

  1. Soekarno Menjadi Cover Di Majalah “Time”

Soekarno sudah lebih dahulu menjadi cover majalah “Time”. Bahkan tidak cuma sekali Soekarno menjadi cover majalah tersebut. “Time” dua kali menghadirkan Soekarno di halaman depan, yaitu pada edisi Desember 1946 serta Maret 1958.

Dimana dalam terbitan pertamanya, majalah Time menyebutkan ‘Putra Sang Fajar’ itu sebagai orator atau pembicara yang ulung lantaran dapat memberikan keyakinan serta memengaruhi pendengarnya. Tidak hanya Soekarno yang menjadi cover majalah. Enam presiden setelahnya pun juga pernah menjadi cover majalah seperti Jokowi, Susilo Bambang Yudhoyono, Megawati, Gusdur, Habibie serta Soeharto.

bangunan-peninggalan-soekarno

  1. Peninggalan Soekarno Berupa Bangunan

Tidak hanya pintar dalam bidang politik, Presiden Soekarno juga pintar dalam memberi gagasan atau ide untuk membuat bangunan – bangunan kokoh yang bisa kita lihat hingga sekarang.

Contohnya, Stadion Paling utama Gelora Bung Karno (GBK) sebagai stadion kebanggaan bangsa Indonesia, Monumen Nasional (Monas), Masjid Istiqlal (masjid paling besar di Asia Tenggara), Wisma Nusantara, Hotel Indonesia yang menjadi hotel berbintang 5 pertama di Indonesia dan Asia Tenggara, serta Patung Dirgantara sebagai patung selamat datang Jakarta.

 

Peliput : Isnaini Khoirunisa 

Editor : Erika Sukma

Sumber :

https://infindonesia.blogspot.co.id/2016/09/8-fakta-unik-tentang-soekarno-yang.html

BAGIKAN
Berita sebelumyaKedai Ramen 99 Pasar Minggu
Berita berikutnyaJAK KAMPUS UNIVERSITAS PANCASILA
LPMSE atau Lembaga Pers Mahasiswa Suara Ekonomi merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang lahir sejak 1986 di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Pancasila Jakarta. Produk LPMSE : Majalah, Buletin, Koran, Tabloid, Lembar Pemberitahuan, Mading, MyCampus, dan lainnya dan kini Majalah Online di www.suaraekonomi.com